Satu Piring Tiga Negara

Penulis: Administrator Pada: Minggu, 25 Feb 2018, 03:00 WIB Kuliner
Satu Piring Tiga Negara

MI/TAUFAN

MENYANTAP olahan daging tentunya sedap. Daging sapi dapat diolah menjadi beragam jenis masakan, salah satunya steak. Steak pun memiliki beragam variasi saus dan cara memasak. Salah satunya menggunakan sambal matah.

Kombinasi itu menjadi gambaran sailor beef milik Lewis and Caroll Tea House. Daging sapi yang dipotong dadu dilumuri sambal matah dihidangkan dengan nasi putih dan sayuran. Todak kelupaan jeruk limau yang dipotong jadi dua. Rasa pedasnya pas dan dagingnya pun empuk tidak sulit dikunyah.

Potongan daging yang dipilih untuk hidangan ini ialah tenderloin asal Australia. Daging yang sudah dibalur bawang putih dan mentega itu dipanggang dengan tingkat kematangan medium.

Chief Executive Officer Lewis and Carrol Edward Tirtanata mengaku sengaja menggunakan tenderloin karena potongan daging khas dalam ini memiliki sedikit kandungan lemak yang pas.

"Buat kamu yang ingin berdiet, tenderloin jadi pilihan pas karena mengandung lebih sedikit lemak, walaupun rasanya menjadi lebih mild," terangnya.

Salah satu yang menarik dari hidangan ini ialah cara memasaknya. Daging ini diolah dengan teknik asal Jepang, saikoro. Teknik memasak yang terkenal di hidangan Izakaya ini memotong daging tenderloin dan dimasak di atas penggorengan dengan api panas hingga dagingnya medium rare dan disajikan dengan daikon dan saus ponzu.

"Sengaja dibuat kecil sehingga ketika dimakan dengan nasi jadi mudah. Kalau besar kan agak repot," ujar Edward.

Spesial dari hidangan ini ialah sereh yang dimasukkan ke minyak panas dan disirim ke potongan bawang merah dan cabai rawit, serta perasan air jeruk limo. "Ini model sambal matah bali yang diolah khusus lagi sama juru masak kami, makanya ada rasa yang berbeda," imbuh Edward.

Soal harga, hidangan ini memang ditawarkan cukup tinggi. Itu sesuai dengan pilihan daging, di mana untuk ukuran daging 200 gram dihargai Rp125 ribu net. Apakah Anda tertarik untuk mencoba? (TB/M-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More