Bersantap Bersama Keluarga

Penulis: Thalatie K Yani Pada: Minggu, 25 Feb 2018, 02:00 WIB Weekend
Bersantap Bersama Keluarga

MI/THALATIE

MENGHABISKAN waktu akhir pekan bersama keluarga tentunya menyenangkan. Akan lebih asyik bila bisa bersantap bersama di restoran. Sudah ada pilihan? Mungkin Penang Paradise bisa menjadi destinasi bagi anda untuk bersantap. Restoran yang terletak di Mal Kelapa Gading ini menawarkan hidangan peranakan Malaysia dan Tionghoa.

Beragam pilihan hidangan Malaysia dan Tionghoa yang bisa dipilih untuk bisa disantap bersama, pasalnya porsinya cukup besar untuk makan bersama.

"Restoran ini pangsa pasarnya untuk keluarga. Karena porsinya besar dan bisa untuk sharing bersama anggota keluarga," ujar Heri Iswanto manajer Penang Paradise di Jakarta, Selasa (20/2).

Membuka santap siang kami ada penang curry laksa seafood. Bila kebanyakan laksa berwarna kuning, laksa ini berwarna putih. Warna itu berasal dari penggunaan santan sehingga rasa gurih dan kental.

Laksa ini terbilang unik, dari tampilannya yang menarik perhatian ialah kehadiran kacang panjang. Ditambah lagi sambal udang atau karimi di bagian atasnya.

Untuk menikmati laksa ini cukup mengaduk karimi dalam kuahnya dengan merata. Saat mengaduk Anda pasti akan terkejut. Bila laksa umumnya menggunakan bihun yang berukuran kecil, di hidangan ini diubah. Laksanya menggunakan mi beras yang berukuran sedang, mirip dengan udon.

Setelah diaduk rata rasa pedas dari sambal, gurihnya santan, dan udangnya terasa pas. Melengkapi laksa ada bakso ikan, telur, tahu, ayam suwir, toge, dan kacang panjang. Kehadiran kacang panjang ini memberikan tekstur bagi laksa. "Iya benar, sayur yang kita pilih dari awal kacang panjang, terkadang orang suka pakai kangkung. Jadi di rebus setengah matang sehingga masih ada renyahnya," ujar Heri Iswanto.

Selain laksa coba juga gulai kepala ikan. Satu ekor kakap putih sekitar 800gr ini dimasak dengan kuah gulai. Porsi yang cukup besar untuk disantap bersama keluarga. Heri mengaku memilih kakap putih karena dagingnya lebih lembut daripada kakap merah.

Agar tidak mengeluarkan bau amis, Heri mengaku kakap tersebut di-steam terlebih dulu sebelum masuk kuah gulai. "Kita steam dulu dengan daun jeruk agar tidak amis," ujarnya.

Terbukti daging ikannya lembut tapi tidak amis. Kuah gulainya pun lembut dan saling melengkapi rasa ikan.

Dalam mangkuk besar itu, ikan bersama dengan potongan okra, terong, tahu pong, tomat, dan cabai rawit merah. Okra di sini tidak semata pilihan sayur, tapi juga pengental dari gulai. Pasalnya okra lendir yang suka keluar dari okta bisa membantu untuk mengentalkan kuah gulai.

Hidangan berikutnya ialah nasi hainan ayam panggang. Heri mengaku hidangan ini merupakan hidangan khas Tionghoa. Ayam panggang ini dihidangkan di atas taoge dan kiyuri alias timun jepang.

Untuk menikmatinya, cocol ayam dengan kecap hainan, sambal, dan bawang putih tumis yang sudah dibumbui. Baru disantap bersama nasi hainan yang gurih. Rasanya sangat pas. Untuk menetralkan, coba hirup kaldu ayam yang lembut yang ditaburi dengan daun bawang.

Cincau
Setelah semua makanan itu, coba cicipi minuman segar. Ada jus kedondong yang segar dan asam manis, di atasnya ada manisan kiamboy.

Selain itu ada jeruk limau. Kesegaran air jeruk limau yang agak asam tapi segar sebaiknya minum saat dingin.

Minuman menarik lainnya ialah soya milk cendol cincau. Minuman ini mirip es cendol biasa, tapi tidak menggunakan santan. Santan dalam minuman ini digantikan dengan susu kedelai sehingga rasanya ringan dan manis tidak terlalu pekat saat menggunakan santan.

Namun, mereka yang kurang menyukai susu kedelai mungkin tidak menyukainya pasalnya aroma susunya cukup terasa. Cendol dan cincaunya lembut dan bisa disedot menggunakan sedotan.

Range harganya pun tidak terlalu mahal. Makanan ada di kisaran harga Rp25 ribu-Rp50 ribu, kecuali gulai kepala ikan, sedangkan minuman antara Rp16 ribu-Rp24 ribu. Selain di Mal Kelapa Gading, restoran ini juga hadir di Mal Taman Anggrek dan Semarang, Jawa Tengah. (Rin/M-1)

thalatie@mediaindonesia.com

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More