Musim Dingin nan Menantang di Kota Moskow

Penulis: Panca Syurkani Pada: Minggu, 25 Feb 2018, 00:00 WIB Foto
Musim Dingin nan Menantang di Kota Moskow

MI/PANCA SYURKANI

HAMPARAN salju bak permadani alami yang menghias permukaan bumi. Warna putih mendominasi pandangan mata. Dahan dan ranting berbalut salju tampak cantik bak pemandangan di buku dongeng. Matahari pun malu-malu menampakkan diri karena tak mampu memberikan kehangatan.

Sebagai salah satu negara terdingin di dunia, suhu musim dingin di beberapa wilayah Rusia bisa mencapai di bawah minus 60 ­derajat celsius. Namun, di Kota Moskow, suhu minus belasan. Beda cerita kalau angin sedang berembus, suhu minus belasan akan terasa seperti minus dua puluhan.

Dinginnya cuaca bukan alasan bagi warga untuk tidak ber­aktivitas seperti biasa. Bagi mereka, tidak ada istilah ‘cuaca buruk,’ yang ada hanya salah berpakaian. Artinya, sedingin apa pun cuacanya, tidak akan menjadi masalah jika pakaian yang digunakan sesuai.

Menurut data Biro Meteorologi Moskow, hujan salju yang menerjang Ibu Kota ‘Negeri Beruang Merah’ awal bulan lalu ialah hujan salju terlebat dalam kurun waktu seratus tahun terakhir.

Wakil Wali Kota Moskow untuk Perumahan dan Pekerjaan umum Peter Biryukov pada situs resmi Wali Kota Moskow me­ngatakan area terbuka di Moskow berkisar 170 juta meter persegi dan ketinggian salju mencapai 45 sentimeter, setidaknya sekitar 80 juta meter kubik salju yang harus dikupas, bersihkan, dan dibuang.

Biryukov menambahkan, jika kondisi yang sama terjadi kota-kota besar lainya seperti New York dan Helsinki, diperkirakan akan melumpuhkan kehidupan di sana.

“Di sana, jika ketinggian salju mencapai 5 sentimeter saja, diberlakukan keadaan darurat. Lembaga ditutup, dan semua orang menunggu salju mencair,” ujarnya.

Hingga saat ini pemerintah kota masih berjibaku mem­bersihkan salju dengan menerjunkan 72 ribu pekerja dan 16,2 ribu unit ­peralatan peralatan khusus. Sekitar 1,2 juta kubik salju ­dibersihkan dari jalanan Moskow setiap hari. Hingga Kamis (22/2), jalanan ­sudah bersih, tetapi tumpukan salju masih ditemui di mana-mana. (M-4)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More