Buron 6 Tahun Akhirnya Ditangkap

Penulis: Rudy Polycarpus Pada: Senin, 19 Feb 2018, 10:05 WIB Polkam dan HAM
Buron 6 Tahun Akhirnya Ditangkap

JAM Intel Kejaksaan Agung Jan S Maringka -- PUSPENKUM KEJAKSAAN AGUNG

KEJAKSAAN Tinggi Sumatra Utara menangkap Madison Silitonga, buron kasus korupsi di Kementerian PU tahun 2004. Kerugian negara atas kasus itu diperkirakan mencapai Rp5,3 miliar. Terpidana Madison Silitonga dinyatakan buron pada 2012.

Ia divonis bersalah karena menyetujui pembayaran ganti rugi tanah dan bangunan tanpa mengindahkan hasil inventarisasi yang dibuat panitia pengadaan tanah Kabupaten Deli Serdang.

"Jumat (16/2) sekitar pukul 22.45 WIB di Jalan Sei Blumai No 25/14, Babura, Medan Baru, Kota Medan, tim intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara telah menangkap buron bernama Madison Silitonga," kata JAM-Intel Kejaksaan Agung Jan S Maringka dalam keterangan persnya yang diterima Media Indonesia, kemarin.

Jan menambahkan penangkapan tersebut berawal dari informasi yang diterima Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara. "Penangkapan berawal dari informasi informan bahwa target berada di lokasi," imbuhnya.

Di rumah tersebut, lanjut dia, Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara sempat bertemu dengan Madison kemudian memperkenalkan diri. "Mendengar hal itu, target langsung lari ke rumah dan mengunci seluruh pintu sehingga tim tidak bisa masuk," terangnya.

Tim intelijen menunggu di luar selama 1 jam sebelum akhirnya melakukan upaya paksa dengan membuka pintu dan menggeledah seluruh ruangan. Namun, Madison tidak ditemukan di dalam rumah. Upaya penangkapan baru berbuah hasil setelah dilakukan pencarian di belakang rumah.

"Terlihat target bersembunyi di atap lalu target melompati dinding. Namun, (Madison) dapat ditangkap anggota tim yang sudah berjaga dan selanjutnya dibawa ke Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara untuk pemeriksaan administrasi," lanjutnya.

Saat diinterogasi petugas, sang buron mengaku selama dalam pelariannya tidak pernah meninggalkan Kota Medan.

Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara Idianto mengatakan Madison merupakan pegawai negeri sipil yang menjadi pimpinan bagian proyek (pimbagpro) pengendalian banjir dan pengamanan pantai Medan dan sekitarnya.

Program Tabur

Madison divonis hukuman penjara selama 3 tahun dan denda Rp50 juta atau subsi-der 5 bulan pada putusan peninjauan kembali (PK) tahun 2008. Ia telah masuk daftar pencarian orang (DPO) pada 23 April 2012.

"Bahwa perkara telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) pada 2006 berdasarkan Putusan MA No 441/K.Pid/2006/MA tanggal 10 Agustus 2006 dan putusan PK Nomor 61.PK/Pid.Sus/2008 tanggal 16 September 2008," kata Idianto.

Setelah melakukan interogasi selama 2 jam, petugas kemudian menyerahkan Madison ke Kejaksaan Negeri Deli Serdang. Yang bersangkutan selanjutnya dimasukan ke Lembaga Pemasyarakatan Lubukpakam oleh tim jaksa penuntut umum kejari.

Jan menambahkan sudah 55 buron yang ditangkap selama 2018 ini.

"Program Tabur (Tangkap Buronan) cukup jelas dengan target kinerja yang pas," tandas dia.(P-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More