Serunya Meluncur di atas Papan Seluncur

Penulis: Suryani Wandari Putri Pada: Minggu, 18 Feb 2018, 09:00 WIB Weekend
Serunya Meluncur di atas Papan Seluncur

Dok.MI

MELUNCUR dari landasan setinggi 2 meter, tubuhnya sengaja didorong ke depan. Rambut panjangnya dibiarkan tergerai itu tersibak ketika semakin cepat meluncur melewati lintasan menaik dan menurun.

Tak diduga, di lintasan menaik lainnya, ia melakukan gerakan kickflip, lompatan dengan cara menendang papan seluncur ketika berada di udara. Papan seluncurnya pun memutar 360 derajat dan kembali ke daratan dengan posisi awal.

Aksi Adinda Zahra Kirana, kelas 6 SDN Sempur Kidul, Bogor, Jawa Barat ini diikuti tepuk tangan kakak-kakak pemain skate lainnya yang sedang berlatih.

Kickflib itu menantang, mantap dia bisa melakukannya!” kata Kak Yossy, mahasiswa Universitas Pakuan Bogor yang pada Kamis (8/2), yang juga sedang berlatih di Taman Skatepark Sempur, Bogor.

Di antara pemain lainnya, Adinda memang yang paling kecil. Namun, teknik yang dikuasainya tak kalah hebat dengan para seniornya.

Tak hanya Adinda, di sana ada anak berumur 5 tahun, Ezel, siswa TK Syafinah Bogor yang juga menyukai olahraga ini lo. Malah ia kerap datang awal untuk latihan. Keren kan sobat? Yuk ikuti latihan mereka!

Lebih memilih papan seluncur
Ezel memang belum lama berlatih papan seluncur di Taman Sempur Bogor ini. Awalnya ia melihat serunya bermain skate dari Youtube. Akhirnya, ia pun mendapat papan seluncur dari orangtuanya. Sekarang, sudah sekitar 2 bulan Ezel terus berlatih, dari sore hingga malam, ditemani ayah dan ibunya.

Sama dengan Ezel, Adinda pun senang bermain papan seluncur karena melihat sendiri keseruan para pemainnya saat sedang bersepeda di taman. “Kayanya enak gitu, bisa meluncur di atas papan seluncur, ternyata itu ada triknya,” kata Adinda.

Kini, Adinda dilatih Kak Robby Silalahi dan Ka Gema, pemain papan seluncur yang juga sering berlatih di Taman Skatepark Sempur.

Adinda sebelumnya tidak bilang belajar main papan seluncur kepada orangtuanya loh. “Tahu-tahu badannya memar saat pulang, dia bilang jatuh dari sepeda. Tapi lama-lama dia bilang kalau ia ikutan papan seluncur,” kata Bu Irma, Ibunda Adinda.

Meskipun begitu, Adinda sama sekali tidak pernah mengeluh loh, malah ia ketagihan untuk berlatih keesokan harinya.

Jangan takut jatuh
Di sela-sela latihan pun, Medi sempat mengobrol bersama mereka di atas lintasan. Adinda dan Ezel, saling bercerita cara menguasai papan seluncur. Kadang mereka saling ganti papan untuk bisa mengontrol keseimbangan.

“Ya, main papan seluncur ini memang susah karena goyang papannya,” kata Adinda pada Ezel.

Ezel pun cukup kesulitan ketika mencoba papan seluncurnya milik Adinda. Ya, Ezel masih harus melatih keseimbangannya meluncur di atas papan seluncur berukuran besar. Namun, tetap saja Ezel terus mencoba meskipun sempat terjatuh beberapa kali.

“Sakit sih tapi ini seru. Aku enggak menangis lagi kalau jatuh berkali-kali,” kata Ezel.

Teknik jatuh yang benar
Memang benar sobat karena olahraga ini termasuk ekstrem, tapi s kita tidak boleh takut jatuh. Malah menurut Kak Yossy, sebelum bermain papan seluncur, harus tahu terlebih dahulu, cara terbaik untuk jatuh. “Saat jatuh, tangan kita harus ada di depan dada. Jangan sampai menahan dengan telapak tangan, bisa jadi patah tulangnya,” kata Kak Yossy.

Teknik jatuh itu harus diingat meskipun saat bermain kita juga wajib memakai alat pengaman seperti helm serta deker pada lutut, sikut dan pergelangan tangan.

Cita-cita pemain papan seluncur
Berlatih setiap hari bersama kakak-kakak lainnya, yang juga saling membantu untuk maju, mereka mengaku ingin memiliki kemampuan bermain papan seluncur seperti kakak-kakak pengajarnya. “Kak Roby itu gayanya keren loh, aku ingin punya kemampuan seperti dia,” kata Ezel.

Bermain papan seluncur ini rupanya bukan sekedar hobi loh sobat. Menurut Adinda dan Ezel, mereka pun bercita-cita menjadi seorang pemain papan seluncur profesional tingkat internasional loh. “Sebenarnya aku mau jadi polisi wanita (polwan), tapi aku juga pengin jadi pemain papan seluncur internasional,” kata Adinda sambil memperlihatkan teknik ollie kepada Medi. Yuk main papan seluncur! (M-1)

Cari Tahu Yuk

Inilah Teknik Bermain Papan Seluncur

1. Berlatih keseimbangan
Untuk pemula, kita bisa memulai teknik papan seluncur dengan berlatih keseimbangan, yakni meloncat dari lantai dan seimbangkan tubuh pada papan. Meskipun datar dan memiliki 4 roda, jika kamu belum terbiasa, papan akan meluncur dengan sendirinya loh sobat.

2. Zig-zag
Setelah menguasai teknik keseimbangan, baru bisa melanjutkan teknik zig-zag, yakni mengubah arah papan seluncur secara bergantian ke kanan dan ke kiri.

3. Ollie, teknik wajib
Ada pula teknik wajib dikuasai, ollie, gerakan mengangkat papan seluncur dengan mengentakkan salah satu kaki ke ujung papan sehingga terjadi suatu lompatan tinggi.

4. Lompatan yang lebih susah Jika ollie sudah dikuasai, tahapan berikutnya baru bisa berlatih kickfl ip, heelfl ip, dan popshove, yakni teknik lompatan yang lebih susah lagi sobat. Ada juga teknik rumit lainnya, meluncur pada tiang.

“Kuncinya, bermain skate itu harus sabar. Bisa jadi satu trik saja belajarnya bisa sampai 2 bulan. Asal punya kemauan dan tidak takut jatuh, pasti bisa,” kata Kak Yossy, salah satu pemain senior di Taman Skatepark Sempur, Bogor. (Wan/M-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More