Ilmuwan Tiongkok Temukan Metode Hentikan Kecanduan Narkoba

Penulis: Administrator Pada: Sabtu, 17 Feb 2018, 17:55 WIB Eksplorasi
Ilmuwan Tiongkok Temukan Metode Hentikan Kecanduan Narkoba

CNN

SEJUMLAH ilmuwan di Tiongkok berhasil menemukan metode baru yang memungkinkan seseorang mampu membatasi atau menghentikan kecanduan narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba).

Garis besar penemuan tersebut didasari pemahaman bahwa saat seseorang berupaya melakukan detoksifikasi kecanduan narkoba dalam situasi tertentu, ia sangat mudah membangkitkan ingatan soal narkoba sehingga berpotensi kecanduan lagi. Dari pengamatan tersebut dapat disimpulkan seseorang kembali kecanduan narkoba karena dipicu situasi lingkungan dan kondisi kejiwaan. Kemudian para peneliti mengondisikan dalam sebuah eksperimen terhadap tikus.

Dari penelitian tersebut ditemukan satu mekanisme saraf yang bisa membangkitkan ingatan seseorang agar menjauhi narkoba karena perubahan lingkungan. Mekanisme tersebut bisa menghindarkan seseorang untuk kecanduan lagi karena faktor lingkungan.

Penelitian ini dipublikasikan BMC Biology atas hasil penelitian selama lima tahun oleh tim peneliti yang dipimpin Prof Zheng Ping dari School of Basic Medical Sciences and Institutes of Brain Science di Fudan University, Shanghai. Meski berdampak positif, eksperimen tersebut tidak menjamin dapat bekerja dengan baik di dunia nyata karena menjauhi narkoba membutuhkan proses yang komprehensif dan kompleks. (Antara/Grt/L-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More