Olimpiade Pyeongchang 2018, Dari Teknologi hingga Bendera Unifikasi

Penulis: Hanif Gusman Pada: Sabtu, 17 Feb 2018, 16:35 WIB Eksplorasi
Olimpiade Pyeongchang 2018, Dari Teknologi hingga Bendera Unifikasi

Pyeongchang2018/Olympics

KOREA Selatan resmi menggelar Olimpiade Musim Dingin 2018 yang dimulai sejak 9 Februari kemarin. Karena tak mau membuat para delegasi dan penonton kecewa dengan pelayanan mereka, sang tuan rumah menyiapkan semua hal, termasuk teknologi.

Gelaran pertandingan olahraga musim dingin setiap empat tahun sekali itu berlangsung di Pyeongchang. Ajang ini dijadwalkan berakhir pada 25 Februari.

Korea Selatan yang memiliki banyak perusahaan teknologi terkenal tentunya ingin memukau para tamu dengan inovasi teknologi mereka, seperti LG dan Samsung.

Sejak di Bandara Internasional Incheon, tamu disambut dengan robot pemandu untuk membantu tamu yang datang. Produk besutan LG tersebut dilengkapi dengan sistem pengenalan suara untuk empat bahasa, yaitu Korea, Inggris, Mandarin, dan Jepang. Robot tersebut sudah diuji coba pada 21 Juli tahun lalu. Selain itu, ada robot pembersih yang disiagakan.

Selain LG, Samsung sebagai salah satu sponsor Olimpiade kali ini memanjakan para delegasi dan panitia penyelenggara. Setiap delegasi dan panitia penyelenggara mendapat satu ponsel Galaxy Note 8 edisi khusus yang dinamai Pyeongchang 2018 Olympic Games Limited Edition. Berbeda dari edisi reguler, casing punggung ponsel tersebut berwarna putih dengan aksen emas di bagian samping serta menampilkan logo Olimpiade di bagian belakang. Tampilan ponsel pun dilengkapi wallpaper bertema Olimpiade. Samsung dikabarkan menyiapkan sekitar 5.000 ponsel.

Selain itu, 'Negeri Ginseng' tersebut memanjakan para penonton dengan penyiaran acara berkualitas ultra high definition (UHD), yang memiliki resolusi empat kali lebih tinggi daripada high definition (HD), dan jaringan internet dengan kualitas 5G. Penyelenggara juga menyediakan fasilitas virtual reality (VR) 360 derajat untuk menghadirkan pengalaman menonton yang lebih daripada biasanya.

Bendera unifikasi Korea

Selain teknologi, masih ada hal lain yang menarik pada gelaran Olimpiade Musim Dingin ke-23 ini. Delegasi Korea Selatan sebagai tuan rumah tampak tampil berbarengan dengan delegasi dari negara musuh bebuyutan mereka, Korea Utara, dalam Parade Kebangsaan Pembukaan pada Jumat (9/2) di Pyeongchang. Delegasi dari duo Korea tersebut membawa bendera Unifikasi Korea. Para delegasi pun tampil dengan balutan busana musim dingin berwarna putih sambil mengibarkan bendera berukuran kecil.

Bendera Unifikasi Korea merupakan bendera yang digunakan untuk mewakili seluruh Korea dalam ajang olahraga. Bendera tersebut bergambar Semenanjung Korea termasuk Jeju Island, Ulleungdo, dan Liancourt Rocks yang berwarna biru pada kain yang berwarna putih.

Berkibarnya bendera Unifikasi Korea pada Olimpiade Musim Dingin kali ini bukanlah kejadian yang pertama. Tercatat sudah beberapa kali kedua negara tersebut tampil bersama pada parade pembukaan. Seperti Olimpiade Musim Panas 2000 di Sydney, Olimpiade Musim Panas 2004 di Athena, dan Olimpiade Musim Dingin 2006 di Turin. Meskipun tampil di bawah bendera yang sama pada parade pembukaan ajang tersebut, kedua negara tetap berkompetisi secara terpisah pada pertandingan. (cnbc/sporttechie/nytimes/M-4)


 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More