Tiyo Avianto Alat Pendeteksi yang Disukai Negara Lain

Penulis: (Wan/M-4) Pada: Jumat, 16 Feb 2018, 23:00 WIB KICK ANDY
Tiyo Avianto Alat Pendeteksi yang Disukai Negara Lain

MI/PERMANA

SATU lagi lulusan politeknik yang mendulang prestasi. Tiyo Avianto, Founder Cubeacon, memasarkan produk teknologi IT. Lulusan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya jurusan mekatronika ini bersama perusahaannya menjual perangkat teknologi unggulan Indonesia yang dipesan berbagai negara. Sebetulnya Cubeacon sudah dibentuk sejak 2013, baru satu tahun kemudian masuk masa produktif.

"Cubeacon itu sebenarnya merek produk yang kita bikin, pada dasarnya perangkat elektronik yang digunakan untuk mengidentifikasi, tracking, monitoring, dan berbagai macam kebutuhan untuk industri," kata Tiyo.

Produk yang ia kembangkan ini pernah ia produksi lebih dari 2.000 perangkat dan digunakan untuk retailer. Tak hanya itu, alat ini bisa terhubung dengan ponsel pintar untuk mengiklankan sesuatu untuk proximity marketing.

Ada beberapa produk yang ia buat berupa Devkit. Keduanya sama-sama berfungsi sebagai transmiter, hanya beda bentuk dan pasarnya. Produk pertama berbentuk kotak, sedangkan kedua berbentuk kartu. Bedanya alat kedua ini bisa digunakan untuk absensi sebuah perusahaan dan mendeteksi keberadaan penggunanya. "Bukan hanya bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang, melainkan bisa digunakan juga untuk aset seperti barang," kata Tiyo.

Alat ketiga memiliki fungsi sebagai reader atau scanner dari kedua produk sebelumnya, yang bisa digunakan untuk keperluan out door, seperti di jalan yang terkena hujan dan panas secara langsung.

"Alat-alat ini bisa didapatkan di beberapa tempat di Indonesia juga sudah dipasarkan ke Brasil, Singapura, Amerika, Malaysia, India, dan Jepang," tutup Tiyo.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More