PM Netanyahu Disorot Karena Kasus Korupsi Keluarga

Penulis: MICOM Pada: Jumat, 16 Feb 2018, 15:28 WIB Internasional
PM Netanyahu Disorot Karena Kasus Korupsi Keluarga

AFP PHOTO / Jack GUEZ

TUDUHAN dari kepolisian Israel terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang disimbolisasi dengan cerutu, sampanye, dan perhiasan mewah telah menghidupkan kembali cerita lama tentang dugaan perilaku buruk sang perdana menteri dan beberapa anggota keluarganya.

Tuduhan tersebut adalah yang paling serius ditujukan kepada Netanyahu selama masa jabatannya yang panjang sebagai pemimpin negara Yahudi itu. Serangkaian kisah yang terungkap tentang dia dan keluarganya telah menarik perhatian publik.

Beberapa tudingan terhadap Netanyahu dan keluarnya diantaranya ialah anjing milik keluarganya yang menggigit seorang anggota parlemen, tuduhan bahwa istri Netanyahu memalsukan biaya rumah tangga kedinasan dan adanya rekaman putra sulung mereka yang mabuk di luar klub tari telanjang.

Netanyahu, yang telah berulang kali menyatakan ketidakbersalahannya, mengatakan bahwa perhatian yang ditujukan kepada keluarganya seperti itu sangat tidak adil. Dia juga menyebut banyak cerita tersebut yang benar-benar mencoba untuk mendiskreditkannya.

Tamar Hermann, seorang pakar opini publik di lembaga pemikir Demokrasi Israel, mengatakan bahwa pendukung Netanyahu pasti akan setuju (terhadap sangkalan Netanyahu itu).

Tapi untuk orang yang lain, imbuhnya, "Hal ini seperti memiliki tetangga yang adegan domestiknya membuat Anda melihatnya dan berkata, 'Oh..Tuhan' Saya harap ini tidak akan menginfeksi rumah saya."

Dalam merekomendasikan agar Netanyahu didakwa, polisi mengatakan bahwa dia dan "anggota keluarganya" telah diberi cerutu, sampanye dan perhiasan senilai sekitar satu juta shekel (US$ 283 ribu) oleh produser Hollywood Arnon Milchan dan miliarder Australia James Packer.

Perhiasan Mahal

Adanya kisah perhiasan mahal itu bermula ketika Netanyahu diduga telah mencoba untuk membantu Milchan dan sebagai balasannya Netanyahu akan membantu mempromosikan kepentingan bisnis Milchan di Israel.

Sementara dokumen polisi merekomendasikan agar Netanyahu dikenai tuduhan penyuapan, kecurangan dan pelanggaran kepercayaan publik. Untuk kasus ini tudingan itu tidak menyebutkan nama istrinya Sara atau anak mereka Yair, yang juga tinggal di kediaman resmi yang dijaga ketat di Yerusalem tengah.

Namun, puluhan laporan sejak polisi pertama kali menginterogasi PM Netanyahu pada Januari 2017, menyebutkan bahwa Sara Netanyahu mengetahui adanya hadiah tertentu, dengan beberapa orang diduga menyampaikan permintaannya.

Harian Haaretz menyebutkan bahwa 'perhiasan mahal yang diminta oleh Sara Netanyahu sebagai hadiah ulang tahun" dari Milchan. Selain itu, miliader Australia James Packer memberi tiket penerbangan gratis kepada Yair dan membayar kamar hotelnya.

Yair Netanyahu adalah satu dari tiga anak Netanyahu dari tiga pernikahan.

Netanyahu memiliki seorang anak perempuan, Noa, dari istri pertama Miriam, dan seorang anak yang lebih muda, Avner, dari isterinya, Sara.

Dalam kasus terpisah, Sara Netanyahu juga menghadapi kemungkinan persidangan atas dugaan penyalahgunaan dana publik.

Tuduhan yang diumumkan tahun lalu adalah bahwa dia dan seorang ajudan secara tidak benar menyatakan bahwa tidak ada juru masak yang tersedia di kediaman resmi perdana menteri sehingga mereka memesan makanan dari luar (katering), dengan biaya publik.

Biaya tersebut mencapai 359.000 shekel, kata Kementerian Kehakiman dalam sebuah pernyataan pada September 2017.

Seorang mantan kepala pelayan juga menuduh Sara telah mengantongi uang tunai dari pengembalian uang deposit untuk botol kosong yang dikembalikan dari tempat tinggal resmi antara 2009 dan 2013. Uang tersebut seharusnya masuk kas rumah tangga dinas.

Pada 2013, Netanyahu mengembalikan ke negara US$ 1.000 namun kepala pelayan itu mengatakan angka tersebut seharusnya enam kali lebih tinggi.

Lalu pada Februari 2016, sebuah pengadilan memberikan ganti rugi senilai 170 ribu Shekel kepada mantan pengurus rumah tangga yang menuduh keluarga Netanyahu melakukan beberapa pelecehan di tempat kerja secara berulang kali.

Netanyahu telah menolak tuduhan tersebut yang banyak beredar di media lokal, sebagai kampanye kotor.

Yair Netanyahu, 26, adalah target berikutnya dari para kritikus keluarga Netanyahu sebagai orang dewasa yang tinggal di kediaman resmi PM meski tidak memiliki peran resmi.

Agustus lalu, pemikir sayap kiri Molad menerbitkan "Lima hal yang tidak Anda ketahui tentang pewaris takhta Yair Netanyahu" yang dibiayai wajib pajak untuk perlindungan pada siang hari dan mobil pemerintah sekaligus sopirnya.

Yang menjadi bumerang pada bulan lalu ketika adanya rekaman Yair yang mengemudi di luar klub tarian telanjang yang tengah mabuk dan membual kepada seorang temannya tentang peran ayahnya dalam kesepakatan gas alam oleh pemerintahnya, yang disiarkan ke publik secara luas.

Yair terdengar berbicara dengan putra Kobi Maimon, seorang pemangku kepentingan di sebuah perusahaan yang memiliki saham di lapangan gas Tamar di lepas pantai Israel.

"Ayah saya mengatur US$20 miliar untuk ayah Anda - Anda bisa memberi saya 400 shekel," katanya.

Klip audio juga mencakup pembicaraan tentang penari telanjang, yang menyebabkan Haaretz menjuluki perselingkuhan "Strippergate".

Dalam menanggapi berbagai tudingan itu, Yair mengatakan bahwa dirinya hanya bercanda untuk audisi dan hal itu kejadian pada 2015, namun pengakuannya bahwa dia "berada di bawah pengaruh alkohol".

Kisah Yair itu bukan kali pertama memantik perhatian media. Pada September 2017, melalui postingannya di Facebook Yair mengangkat alisnya dan mengatakan bahwa ada persekongkolan melawan keluarganya. Postingan tersebut juga mencakup serangkaian gambar anti-Semit.

Sebelum itu ada kabar lain yang disebut oleh Jerusalem Post sebagai "pintu gerbang kotoran anjing" di mana tetangga Netanyahu mengeluh bahwa dia telah melihat Yair yang sedang ngantuk berjalan dengan anjingnya, Kaiya, yang membuang kotoran di sekitar halaman tetangganya.

Tetangga itu juga menulis di Facebook bahwa ketika dia menantang keluarga Netanyahu untuk membersihkan hewan itu, dia Yair membuat isyarat cabul dengan jari tengahnya.

Yair kemudian memasang emoji yang menunjukkan setumpuk kotoran dan isyarat jari.

Kaiya, yang diadopsi dari tempat penampungan, pertama kali menjadi tajuk utama Jerusalem Post pada 2015 ketika dia menggigit seorang anggota parlemen Israel dan suami dari seorang menteri Israel saat resepsi di kediaman Netanyahu.(AFP/OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More