Jong-un Terkesan dengan Korsel

Penulis: Administrator Pada: Rabu, 14 Feb 2018, 08:40 WIB Internasional
Jong-un Terkesan dengan Korsel

AFP

PEMIMPIN Korea Utara (Korut) Kim Jong-un memuji Korea Selatan (Korsel) setelah saudara perempuannya, Kim Yo-jong, dan pejabat tinggi rezim lainnya kembali setelah menyaksikan pembukaan Olimpiade Musim Dingin. Hal itu dilansir kantor berita Korut KCNA, kemarin.

KCNA menerbitkan laporan singkat mengenai pertemuan Kim dengan delegasi pada Senin (12/2) setelah mereka kembali ke Pyongyang.

"Setelah menerima laporan delegasi, Kim Jong-un menyatakan kepuasannya dan mengatakan bahwa sangat terkesan dengan Korsel yang secara khusus memprioritaskan kunjungan anggota DPRK yang ikut serta dalam Olimpiade Musim Dingin," ungkap KCNA.

KCNA menambahkan pe-mimpin Korut itu 'mengucapkan terima kasih' kepada Seoul dan ingin membangun pendekatan dengan mengungkapkan 'pentingnya untuk terus membuat hasil yang baik dengan menghangatkan iklim rekonsiliasi dan dialog'.

Bahkan Kim secara rinci menentukan orientasi perbaikan hubungan utara-selatan dan memberikan instruksi penting ke bidang yang relevan untuk segera melakukan tindakan.

Laporan KCNA itu merupakan reaksi resmi pertama Kim sejak Kim Yo-jong sukses menarik perhatian di Pyeongchang.

Setiap detail kunjungan Kim Yo-jong sebagai anggota de-legasi diplomatik ke Olimpiade Musim Dingin diberitakan, mulai dari pakaian, ekspresi wajah, dan tas yang dia bawa, bahkan tulisan tangannya.

Kunjungannya membuat suara warga Korsel terbagi untuk rekonsiliasi atau menolak dengan membakar bendera Korut dan mengkritik Presiden Korsel, Moon Jae-in.

Kim Yo-jong menjadi anggota pertama dinasti penguasa Korut yang menginjakkan kaki di Selatan sejak berakhirnya Perang Korea.

Dia berjabat tangan bebera-pa kali dengan Moon, bersorak menyambut tim hoki es gabungan, dan menyampaikan undangan Kim Jong-un kepada Korsel untuk hadir di sebuah pertemuan puncak di Pyongyang. (AFP/Ire/I-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More