Aplikasi Penyimpan Riwayat Kesehatan

Penulis: (H-3) Pada: Rabu, 14 Feb 2018, 06:15 WIB Kesehatan
Aplikasi Penyimpan Riwayat Kesehatan

Ilustrasi--thinkstock

PERUSAHAAN rintisan digital lokal yang bergerak di bidang kesehatan, Gorry Holdings, meluncurkan aplikasi Helopt (Health Optimized) di Android untuk membantu masyarakat mengevaluasi riwayat kesehatan mereka. Melalui teknologi e-filing, tenaga medis bisa membaca medical record pasien yang telah tersimpan dalam bentuk digital.Menurut William Susilo, pendiri dan Direktur Utama Gorry Holdings, pengguna hanya perlu mengunggah foto hasil pemeriksaan medis, resep dokter, pengeluaran rawat jalan dan inap, serta dokumen lain yang terkait dengan riwayat kesehatan.

Setelah diunggah, foto tersebut akan diterjemahkan ke tabulasi data yang terbaca dalam resume medis dan mudah diekstrak secara daring. Apabila nanti dibutuhkan saat pemeriksaan, Helopt dengan mudah menunjukkan seluruh data berikut resume medis pasien per kasus penyakit atau kejadian melalui aplikasi ponsel tanpa harus repot mencari berkas fisik. "Kami mengembangkan aplikasi ini sebagai solusi untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan riwayat data kesehatan dalam jangka panjang," ujarnya. (RO/H-3)

Aktif Bergerak Sehatkan Anak
Sebuah penelitian menemukan, aktif bergerak sejak usia prasekolah dapat meningkatkan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Laporan dari Mass General Hospital for Children, Amerika Serikat, menemukan anak yang berpartisipasi dalam program aktivitas fisik sebelum usia sekolah selama 12 pekan mengalami peningkatan dalam hal berat badan dan kondisi emosional maupun sosial jika dibandingkan dengan teman sekelas mereka yang tidak berpartipasi.

"Kami tahu aktivitas fisik memiliki efek positif pada kesehatan anak, dari mengurangi angka obesitas dan penyakit karena obesitas hingga mendukung performa di sekolah dan kesehatan secara umum," ujar pemimpin studi Rachel Whooten, seperti dikutip The Health Site, Selasa (13/2).

Program tersebut melakukan sesi latihan sebelum sekolah selama 1 jam tiga hari sepekan dalam 12 pekan. Tiap sesi dimulai dengan permainan pemanasan, diikuti aktivitas yang melibatkan lari, aktivitas tambahan seperti push up atau sit up, permainan di akhir sesi, serta diskusi nutrisi selama peregangan dan pendinginan. (H-3)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More