Ratu Maxima Tinjau Perkembangan Inklusi Keuangan di Indonesia

Penulis: Tesa Oktiana Surbakti Pada: Selasa, 13 Feb 2018, 15:20 WIB Ekonomi
Ratu Maxima Tinjau Perkembangan Inklusi Keuangan di Indonesia

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

DALAM lawatan ke Indonesia, Ratu Maxima dari Belanda secara khusus turut menyambangi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Sebelumnya, Ratu Maxima yang merupakan utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk inklusi keuangan, telah bertemu Presiden Joko Widodo lebih dulu.

Usai pertemuan tertutup yang berlangsung kurang lebih satu jam, Ratu Maxima enggan memberikan komentar kepada pewarta lantaran harus berpindah ke agenda selanjutnya. Adapun Darmin mengungkapkan kunjungan Ratu Maxima untuk kedua kalinya bertujuan memantau perkembangan inklusi keuangan di Tanah Air.

Pemerintah diketahui telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusi (SNKI). Strategi nasional yang dituangkan dalam payung hukum tersebut menitikberatkan pada upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, percepatan penanggulangan kemiskinan, berikut pengurangan kesenjangan antarindividu dan antarwilayah.

"Pemerintah sudah desain financial inclusion serta menerbitkan Perpres terkait SKNI. Nah ini Ratu Maxima datang mengecek, diskusi sekaligus melihat perkembangannya bagaimana. Kita menjelaskan banyak ke dia (Ratu Maxima), lebih ke program pemerintah seperti bantuan ke sekolah lalu ke mahasiswa. Semuanya pakai rekening," terang Darmin saat ditemui di kantornya, Selasa (13/2).

Pihaknya pun turut memaparkan transformasi penyaluran bantuan untuk mengurangi angka kemiskinan dan tingkat kesenjangan, dari berbasis tunai menjadi nontunai. Misalnya program keluarga harapan (PKH) dengan sasaran 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) per 2018 dan perluasan bantuan pangan nontunai (BPNT) dari sebelumnya berwujud beras sejahtera (rastra).

Kendati demikian, Darmin menekankan pemerintah terus menggencarkan sosialisasi terkait literasi keuangan di tengah masyarakat. Ratu Maxima dikatakannya memuji program yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan jumlah kepemilikan rekening guna memperluas akses keuangan.

"Memang sejauh ini terus terang banyak masyarakat kita yang sudah pakai dan gunakan rekening. Tapi mungkin yang kita kurang jelaskan secara rinci (ke Ratu Maxima) adalah perkembangan yang dibuat oleh dunia usaha seperti e-commerce, fintech. Dan itu datanya belum settle bener kan. Cuman yang melalui Laku Pandai dari OJK, branchless banking dari Bank Indonesia, itu datanya sudah ada dan disampaikan," tutur Darmin.

Dari hasil diskusi, lanjut dia, Ratu Maxima memberi saran agar pemerintah mengembangkan ekosistem inklusi keuangan. Sehingga, basis data pasar lebih optimal yang nantinya mendorong pengembangan selanjutnya. (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More