Perusahaan agar Berdayakan Desa Gambut

Penulis: MI Pada: Selasa, 13 Feb 2018, 12:00 WIB Humaniora
Perusahaan agar Berdayakan Desa Gambut

Foto udara pola pembangunan sekat kanal di lahan gambut Tanjungjabung Timur, Jambi, Jumat (4/8/2017)---ANTARA/Wahdi Septiawan

BADAN Restorasi Gambut (BRG) meminta perusahaan pemegang konsensi di hutan gambut untuk memberdayakan desa-desa yang berada di dalam kawasan tersebut. BRG menargetkan 1.000 desa dan kelurahan di dalam dan sekitar area restorasi gambut dapat didampingi di bawah naungan Program Desa Peduli Gambut.

“Dalam program Desa Peduli Gambut, BRG membagi tiga skema pemberdayaan desa di wilayah gambut. Pertama, pendampingan di 300 desa dengan sumber biaya dari APBN, kerja sama dengan donor, dan lembaga swadaya untuk 200 desa, dan kerja sama dengan pemegang konsesi sebanyak 500 desa,” kata Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG Myrna Safitri di Jakarta, kemarin.

Karena itu, BRG melakukan pendekatan pembangunan desa berbasis lanskap ekosistem gambut. Menurutnya, perusahaan-perusahaan pemegang konsesi ada yang memiliki program serupa, tapi selama ini masih tumpang-tindih dengan program BRG atau program desa. Ia meminta semua pihak terlibat dan menyelaraskan program-program kerjanya agar dampak pemberdayaan tersebut dapat dirasakan.

Pada 2017, ujar Myrna, ada beberapa peraturan desa terkait dengan perlindungan dan pengelolaan gambut. Kemudian ada pembentukan dan pengembangan 62 badan usaha milik desa (BUM Des) dan satu koperasi sebagai wadah pengembangan ekonomi berbasis pertanian, perikanan, dan ekowisata gambut.

Kemudian, aspek perlindungan dan pengelolaan gambut, penyertaan modal desa untuk BUM Des ke 45 rancangan rencana kerja pemerintah (RKP) Desa di Sumatra dan Kalimantan yang merupakan alokasi dana desa dan penyertaan modal desa dapat diberikan.

“Dengan adanya peraturan desa tersebut perusahaan dan desa bisa dapat saling menyelaraskan program-prog­ram agar tidak terjadi tumpang tindih,” katanya.

BRG menargetkan 1.000 desa dan kelurahan yang berada di dalam dan sekitar area restorasi gambut dapat didampingi di bawah naungan program Desa Peduli Gambut. Sejauh ini telah diidentifikasi ada 1.205 desa dan kelurahan di area seluas 2,49 juta hektare yang menjadi target restorasi gambut.

BRG melaksanakan prog­ram itu sejak 2016 dan pada 2017 telah melakukan pemberdayaan desa di luar area konsesi. (Ant/H-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More