Perayaan yang Membara

Penulis: Thalatie K Yani Pada: Minggu, 11 Feb 2018, 14:00 WIB Weekend
Perayaan yang Membara

MI/THALATIE

WARNA merah dan emas biasanya identik saat perayaan tahun baru Tionghoa atau Imlek. Kilauan merah itu pun yang tampak pada hidangan tahun baru di Restoran Catappa, Grand Mercure Jakarta, Kemayoran, Jakarta.

Merah tidak hanya mereferensi warna, tapi juga rasa. Rasa pedas yang diidentikkan dengan warna merah menjadi identitas masakan yang diolah executive sous chef Grand Mercure Jakarta Kemayoran, Adhi Firdaus. Melihat menunya saja sudah terbayang akan rasa pedas dari szchechuan dan sriracha.

Seperti szchechuan beef noodle. Potongan cabai kering tampak jelas di antara mi hokian dan potongan daging sirloin. Kuah kaldu daging yang diolah dengan szchechuan paste itu terasa gurih dan pedas membara saat dihirup pertama kali. Mi hokian berwarna kuning yang kenyal berpadu dengan daging yang lembut semakin melengkapi hidangan seharga Rp80 ribu++ ini.

Rasa pedas juga ingin ditunjukkan chef Adhi pada honey sriracha chicken. Daging paha ayam tanpa tulang yang dimarinasi dengan madu, tahu fermentasi tionghoa, black bean, dan sriracha, itu di-roast sekitar 8 menit. Ayam tersebut tidak sendiri, tapi didampingi nasi hainan, bakso ikan yang dibalut dalam pangsit goreng, dan sauteed cameo.

"Bakso ikan itu terbuat dari daging ikan yang dicacah dicampur bumbu dan sayuran, lalu dibulatkan dan dibungkus dengan kulit pangsit yang sudah dipotong-potong. Lalu digoreng hingga mengembang seperti fire ball," papar chef Adhi.

Sriracha yang identik dengan rasa pedas sayangnya tidak tampak di hidangan ini. Pasalnya rasa manis dari madu lebih mendominasi, sedangkan rasa pedasnya sangat minim. Namun kerenyahan dari cameo memberikan tekstur dan rasa yang menggugah.

Sementara itu, bakso ikan renyah di luar dan lembut di dalam. Sayangnya saat dipotong aroma ikannya sangat keras, mungkin bagi mereka yang kurang menyukai seafood akan terganggu. Bila ingin mencicipinya cukup membayar Rp90ribu++.

Belum berhenti di situ, rasa pedas yang sedang ditawarkan di hidangan black bapao chicken kamheong. Tampilan bakpao ini unik, pasalnya warna hitam dari bamboo charcoal itu langsung menarik perhatian. Di dalamnya ada daging ayam yang sudah dimarinasi dengan bumbu Kamheong sehingga rasanya sedikit pedas.

"Kita ingin memberi tahu bamboo charcoal itu bagus untuk pencernaan tubuh. Bisa detox racun-racun dalam tubuh," ujarnya. Bakpao yang lembut ini dapat dinikmati dengan harga Rp40 ribu++.

Setelah menikmati tiga hidangan pedas, saatnya meredakan panas di lidah. Sepotong orange mandarine chocolate cake sangat menarik. Chocolate sponge yang tengahnya ada lapisan chocolate mouse dan orange mouse ini sangat lembut. Rasa cokelat yang pekat berpadu dengan rasa jeruk yang manis. Tidak tertinggal potongan jeruk mandarin dan saus stroberi memberikan paduan yang pas, tidak terlalu manis tapi menyegarkan setelah berbagai hidangan pedas sebelumnya. Kue ini dapat dinikmati seharga Rp50ribu ++.

thalatie@mediaindonesia.com

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More