Mantan Aktor Laga yang Akrab dengan Jemaat

Penulis: Administrator Pada: Minggu, 11 Feb 2018, 11:30 WIB Obituarium
Mantan Aktor Laga yang Akrab dengan Jemaat

FACEBOOK

KABAR duka datang dari dunia perfilman Tanah Air. Aktor laga legendaris Yohanes Thomas Advent Bangun mengembuskan napas terakhir pada usia ke-65 tahun di RS Fatmawati, Jaksel, kemarin dinihari.

Ia meninggal dunia karena komplikasi penyakit selama beberapa tahun terakhir. Bersama istrinya, Lois Riani Amalia Sinulingga, mendiang dikaruniai lima anak.

Lahir di Kabanjahe, Sumut, 12 Oktober 1952, Advent Bangun yang terkenal dengan peran jagoan itu mengawali kariernya dari dunia karate. Dia ialah atlet karate nasional yang selama 12 tahun menjadi juara nasional dan mengikuti berbagai kejuaraan di Asia, Eropa, dan AS.

Dari dunia karate itulah Advent Bangun menjajaki perfilman Indonesia sehingga menjadi bintang laga yang sangat terkenal. Ia disejajarkan dengan aktor laga lainnya, seperti Barry Prima, George Rudy, Johan Saimima, dan Ratno Timoer.

Sedikitnya 60 film dan sinetron pernah dimainkan Adven Bangun sejak 1976 sampai 1995 yang diawali film Rajawali Sakti pada 1976. Bahkan, beberapa film akrab bagi pemirsa, antara lain Anita (1984), Satria Bambu Kuning (1985), dan Si Buta dari Gua Hantu (1985). Ia pun beraksi mendebarkan di film Si Buta Lawan Jaka Sembung (1983), Komando Samber Nyawa (1985), dan Petualangan Cinta Nyi Blorong (1986).

Sukses menjadi aktor, Advent Bangun meninggalkan dunia selebritas dengan menjadi pendeta. Pada 2001, ia memilih jadi pelayan Tuhan dan saat itu pula namanya ditambah Yohanes di bagian depannya.

Dalam karyanya sebagai pendeta, Advent Bangun sering menemani peziarah rohani ke Tanah Suci Jerusalem. "Banyak yang senang jika dia yang menemani karena beliau sangat akrab dengan jemaatnya. Jadi, ya beliau sering bolak-balik ziarah ke Tanah Suci," ucap keponakannya, Harun, di rumah duka, Jln Kecapi II No 64, Jagakarsa, Jaksel.

Sang istri, Lois Riani, pun sudah ikhlas ditinggal suami tercintanya. "Jika ini yang terbaik untuk Tuhan, kami sudah ikhlas," ujarnya sedih.
Soal prosesi pemakaman suaminya, ia menambahkan, akan dilakukan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta, hari ini. Beristirahatlah dalam damai, Yohanes Thomas Advent Bangun. (Ths/E-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More