Ayo Buat Mural

Penulis: Fathurrozak Jek Pada: Minggu, 11 Feb 2018, 09:00 WIB Weekend
Ayo Buat Mural

MI/Seno

SALAH satu yang corat-coret di dinding, ada Nanda dan adiknya nih. Nanda asyik banget gambar pemandangan. Dia gambar gunung, jalanan, dan sawah. Namun, gambarnya nyontoh lukisan milik Om Ube, katanya.

Kalau adik Nanda malah asyik menyapu kuasnya dengan berbagai warna, seperti tumpukan warna-warni pelangi.

Oh iya, jadi teman-teman kita ini datang ke pamerannya Om Ube di Galeri Ruang Rupa (RuRu), Pancoran, Jakarta Selatan. Lukisan-lukisan yang dipamerkan Om Ube ini, ternyata kebanyakan soal pemandangan. Makanya Sobat Medi yang datang untuk melukis di dinding, temanya pemandangan. Menurut kakak dari Rurukids, yang ikut mendampingi teman kita melukis mural. Pemandangan ialah keindahan alam yang dapat kita lihat melalui mata dalam indra penglihatan kita sehari-hari. Biasanya, pemandangan terdiri atas pepohonan, semak-semak, daratan, bukit, lembah, gunung, air terjun, atau malah benda-benda yang manusia bisa membuatnya, seperti rumah, mobil, jembatan, atau kereta api.

Nah, kalau Sobat Medi pernah menggambar pemandangan enggak, apa lagi menggambarnya di dinding?

Sebelum melukis mural keliling dulu melihat karya-karya Om Ube. FOTO: DOK FATHURROZAK JEK

Krayon dulu baru kuas
Om Ube memberi arahan ke Sobat Medi yang sedang menggambar. “Gambar dulu pakai krayon ya, setelah itu ditebelin pakai kuas,” kata Om Ube memberi instruksi. Saat memakai kuas, Om Ube juga memberi kiat nih, Sobat Medi. Katanya, saat menempelkan kuas, jangan terlalu ditekan, seperti mengambang.

Nah, sebelum mulai menggambar di dinding, anak-anak diajak keliling dulu untuk melihat karya-karya Om Ube. Sambil keliling, dipandu Om Ube dan kakak-kakak dari Rurukids, teman-teman kita juga bertanya nih, maksud dari lukisan Om Ube. Salah satunya, ada lukisan Om Ube yang menggambarkan tentang sungai yang kotor dan penuh sampah, dan akhirnya menyebabkan banjir.

Sobat Medi juga pasti tahu dong, jangan buang sampah sembarangan, apa lagi ke sungai ya! Karena bisa menyebabkan banjir.

Biar semakin tahu apa yang akan digambar, Om Ube juga bertanya nih,

“Biasanya apa saja sih yang kalian lihat? Yang paling kalian ingat, ketika melihat pemandangan apa sih?” Sobat Medi pun menjawab ada yang ingat tentang gunung, mobil, jalan, dan kupu-kupu.

Mural, gambar di dinding
Oh iya, menggambar di dinding ini disebutnya mural ya, Sobat Medi. Kamu juga bisa lo, menggambar di dinding rumah, tetapi harus izin dulu ya, sama ayah dan bunda. Biar mudah dihapus dengan air, saran dari Om Ube dan kakak dari Rurukids, cat yang digunakan ialah cat jenis akrilik ya.

Nah, setelah sudah tahu apa yang akan digambar, buat terlebih dahulu sketsa gambarnya ya, menggunakan krayon.

Belajar campuran warna
Selain Nanda, ada Sobat Medi lain yang menikmati melukis mural nih. Jarier Alif Abdillah, kelas 4 SDI Yakmi, katanya memang suka lo, gambar-gambar di dinding rumah. Makanya ketika datang ke pameran Om Ube yang berjudul Pemandanganku, Jarier menyukainya.

“Di rumah aku suka gambar di dinding. Aku suka, bisa ikut melukis mural bareng Om Ube karena belajar tahapan cara melukis di dinding juga.”

Saat melukis mural, teman-teman kita dibagi dalam beberapa kelompok nih, jadi harus bergiliran melukis muralnya, setiap giliran ada 10 anak. Enggak cuma menggambar dan melukis saja ya, tapi Sobat Medi juga belajar bagaimana mencampurkan warna. Ada yang sudah tahu, warna-wana dasar kalau dicampurkan akan menjadi warna apa saja?

Di sini Sobat Medi dibimbing langsung sama senimannya, Om Ube, untuk memilih warna, dan bagaimana menggunakan campuran warna. Salah satu Sobat Medi yang sudah tahu tentang campuran warna ini, ada Fa Barajuik Lamalif, kelas 1 SDI Yakmi, adik Jarier.

“Aku udah tahu, beberapa campuran warna. Misal merah dicampur putih jadi pink, hitam dicampur putih jadi abu-abu, kalau biru dicampur merah jadi ungu.”

Didampingi orangtua
Seru ya! Bisa corat-coret sepuasnya dan belajar campuran warna. Dalam pameran Om Ube, gambar-gambar yang dipamerkan ternyata bukan cuma saat dia sudah dewasa lo, Sobat Medi. Om Ube memang sudah senang menggambar sejak kecil, bahkan gambar Om Ube saat kelas 3 SD juga ditampilkan. Wah, kok masih tersimpan ya? Hebat nih Om Ube! Rupanya, gambar-gambar Om Ube saat masih kecil, dikumpulkan ayahnya nih, Sobat Medi.

Hayo, siapa nih, yang suka menggambar? Jangan dibuang atau tidak dirawat ya. Siapa tahu saat besar nanti kamu mau jadi seniman atau pelukis. Bisa juga kan, mencontoh apa yang sudah dilakukan Om Ube, mengumpulkan karya-karyanya sejak kecil.

Nah, kalau sudah banyak, mungkin kamu mau memamerkan karya gambarmu. Apalagi sudah belajar soal campur warna, pasti gambarmu akan lebih menarik kan, dengan berbagai pilihan warna nanti. Atau tangan kamu sudah gatal untuk melukis mural di dinding rumah?

Boleh lo, asal ingat ya Sobat Medi, harus izin orangtua kalian, dan minta pengawasan. Selamat corat-coret kuas di rumah ya! (M-1)

----------------

Cari Tahu Yuk
Kamu mau melukis mural juga? Mural adalah menggambar di dinding. Kamu bisa ikuti beberapa langkah ini ya, tapi, jangan lupa, minta izin dulu sama orangtua dan minta pendampingan.

1. Bahan dan Alat
Bahan yang bisa digunakan untuk melukis mural, bisa menggunakan cat akrilik, ini supaya memudahkan ketika cat mengenai tangan kamu, mudah dihapus dengan air. Kamu juga harus siapkan krayon, kuas, tempat cat, dan air ya, Sobat Medi.

2. Tentukan gambar dan bikin sketsa
Sebelum menggambar dan mewarnai menggunakan cat, baiknya kamu tentukan dulu nih, mau menggambar apa. Ketika kamu sudah tahu akan menggambar apa, akan memudahkan kamu nih, Sobat Medi, untuk menentukan pilihan warna cat yang digunakan.

Kemudian, kamu bisa mengawalinya dengan membuat sketsa gambar dulu, menggunakan krayon, ini biar gampang ya, nanti pas sudah menggunakan kuas.

3. Jangan menekan kuas
Nah, untuk menggunakan kuas, jangan terlalu di tekan ya, Sobat Medi. Cukup disapukan dengan pelan dan seperti mengambang saja. Cat juga jangan terlalu banyak, atau malah dicampur air. Kalau kuas kamu terbatas, kamu bisa mencucinya di rendaman air dulu, supaya cat yang sebelumnya hilang, dan bisa digunakan untuk mengecat dengan warna lain.

4. Campur warna
Mungkin Sobat Medi ada yang sudah tahu dan ada yang belum ya. Medi ingin kasih beberapa percampuran warna, supaya mural kamu lebih menarik dan menghemat cat. Kalau kamu ingin membuat warna ungu, kamu bisa campurkan warna merah dan biru. Kalau ingin membuat warna jingga, bisa dari campuran kuning dan merah. Sedangkan untuk warna hijau, bisa menggunakan kuning dicampur biru. Abu-abu, campuran dari hitam dan putih. erah bertemu putih, akan jadi merah muda.

Sudah tidak sabar untuk mencorat-coret dinding? Yuk kreasikan imajinasi kamu ya, Sobat Medi. (*/M-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More