Musik Menambah Semangat Berolahraga

Penulis: Administrator Pada: Sabtu, 10 Feb 2018, 12:15 WIB Eksplorasi
Musik Menambah Semangat Berolahraga

SHUTTERSTOCK

ADA banyak cara yang digunakan untuk membuat seseorang semangat berolahraga, salah satunya dengan mendengarkan musik motivasi.

Baru-baru ini, ada sebuah studi yang diterbitkan di Frontiers in Psychology berkaitan dengan kegiatan tersebut. Hasilnya, tidak ada pengaruh antara mendengarkan musik dan olahraga. Namun, mendengarkan musik saat berolahraga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Peneliti membagi 150 sukarelawan ke tiga tim terpisah. Mereka diminta untuk melempar bola ke keranjang. Peserta diberi pilihan, yaitu mendengarkan musik pilihan mereka, tanpa musik, atau musik yang disarankan para peneliti.

Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan mendengarkan musik tidak memiliki pengaruh negatif atau positif, setidaknya dalam situasi seperti ini. Namun, hal itu meningkatkan kepercayaan diri mereka yang melakukan eksperimen, terutama yang memilih musik mereka sendiri.

Penelitian lebih lanjut untuk memahami manfaat musik saat berolahraga sangat diperlukan, terutama karena studi pada 2010 menemukan pengendara sepeda yang mendengarkan musik cepat bekerja lebih keras. Dalam penelitian lain juga diketahui musik sebenarnya bisa membantu pelari berlari lebih cepat. (Iflscience/Hnf/L-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More