Berlama-lama di Pusat Seni

Penulis: Zat/M-2 Pada: Sabtu, 20 Jan 2018, 23:46 WIB Weekend
Berlama-lama di Pusat Seni

MI/IIS ZATNIKA

Peran industri kreatif sebagai salah satu bintang pada ekonomi Australia kian divalidasi ketika kami tiba di Fremantle Arts Centre, lagi-lagi jaraknya kurang dari sepuluh menit dari PS Street, Kota Fremantle.

Terbuka bagi umum, penyuka seni maupun pelancong, kompleks bangunan ini terdiri dari lapangan rumput dengan pohon-pohon nan rindang, ruangan galeri, toko suvenir, restoran dengan menu-menu nan sedap, termasuk teh English Breakfast yang saya sesap, serta rumah-rumah yang diperuntukkan bagi seniman dari berbagai negara yang melakukan residensi. Mereka bermukim selama beberapa pekan hingga bulan, melakukan kerja seni, berkolaborasi, dan tentunya berpameran.

"Kami selalu membuka diri bagi para seniman berbagai negara, bisa dibuka di internet mengenai berbagai program yang kami lakukan. Kami sediakan tempat tinggal yang nyaman dna ruang berkarya agar mereka produktif," ujar Pettitt, sang wali kota yang mengaku tengah sibuk bergadang karena baru memiliki bayi.

Ruang bagi Aborigin

Di sini, ruang bagi Aborigin, etnik pribumi benua Australia dibuka lebar, baik bagi para seniman maupun karya-karya yang terinspirasi dari ritual dan kehidupan mereka. Ada instalasi dari pintu mobil tua yang dihias dengan seni anyam Aborigin aneka warna. Langkah menyatukan kehidupan warga Australia, para pendatang dari berbagai belahan dunia, mulai Inggris, Israel, Amerika Serikat, hingga Asia dengan masyarakat Aborigin, terus berproses. Seni dan budaya menjadi salah satu mediumnya.

Saran saya, luangkan waktu minimal setengah hari buat menikmati denyut seni dan kehidupan Fremantle di pusat seni ini. Restorannya yang menyediakan ruang terbuka, memungkinkan buat dinikmati berlama-lama. Kehidupan berjalan penuh cita rasa tetapi santai, lambat sekaligus penuh makna di sini. Lalu, jelajahi ruang-ruang pamerannya pelan-pelan saja, beberapa ruangan ditunggui sang artis sehingga kita pun bisa mengobrol dengan mereka. Hirup inspirasinya, nikmati kreativitasnya, menyegarkan!

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More