DKI Wajibkan Calon Pengantin Bersertifikat Sehat

Penulis: Nur Azizah Pada: Jumat, 19 Jan 2018, 18:52 WIB Megapolitan
DKI Wajibkan Calon Pengantin Bersertifikat Sehat

ilustrasi--thinkstock

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta kembali menelurkan aturan baru. Kali ini aturan ditujukan untuk para calon pengantin.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan seluruh calon pengantin wajib memiliki sertifikat sehat dari Pemprov DKI Jakarta. Aturan tersebut diatur dalam Pergub 185 tahun 2017 tentang Konseling dan Pemeriksaan Kesehatan bagi Calon Pengantin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi menyampaikan seluruh calon pengantin harus menjalani pemeriksaan laboratorium di puskesmas terdekat. Masyarakat diminta tak perlu khawatir soal biaya, pemeriksaan dilakukan cuma-cuma.

"Kecuali, punya penyakit keturunan seperti homofilia, thalasemia, atau yang berkaitan dengan darah. Itu laboratoriumnya agak mahal," kata Koesmedi di Dinas Kesehatan, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Januari 2018.

Baca: Peserta Nikah Massal tak Keluarkan Biaya

Sertifikat sehat akan terbit seminggu usai pemeriksaan laboratorium. Bila ditemukan penyakit, calon pengantin akan diberikan penyuluhan.

"Jadi, nanti terserah dia. Kita akan kasih pilihan, kalau kamu nanti tetap kawin, kamu bakal punya anak begini. Risikonya kamu tangani sendiri. Begitu," terangnya.

Atau, lanjut Koesmedi, bila calon pengantin tetap ingin menikah lebih baik tidak usah punya anak. "Ambil anak orang untuk dibesarkan. Seperti itu. Jadi, calon pengantin itu sudah punya kesiapan dan tahu penyakitnya," kata dia. (MTVN/OL-7)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More