Stok Gabah Minim Karena Petani Banyak Tanam Bawang

Penulis: Suparji Rasban Pada: Minggu, 14 Jan 2018, 11:28 WIB Nusantara
Stok Gabah Minim Karena Petani Banyak Tanam Bawang

ANTARA FOTO/Rahmad

MESKI Bulog di daerah sudah melakukan operasi beras untuk mensetabilkan harga, namun harga beras di sejumlah daerah belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan. Di Brebes, Jawa Tengah, masih tingginya harga beras karena stok di tingkat petani menipis.

Areal persawahan di kabupaten perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat itu masih banyak yang ditanami bawang merah dan yang ditanami padi belum memasuki masa panen.

Pemantauan di pasar beras tikungan pinggir jalur Pantura dalam kota Brebes di Jl. P. Diponegoro, Minggu (14/1), baik beras kualitas premium maupun medium harganya masih tergolong tinggi.

Para bakul di pasar beras yang dikenal dengan sebutan pasar beras tikungan tersebut, mereka menjual beras kualitas medium Pp11.400/kg dan beras kualitas premium Rp12.000.

Seorang bakul beras di pasar beras tikungan Brebes, Aris Sudianto, menyebut sebelumnya harga beras medium harganya Pp11.000/kg dan premium Rp11.500/kg.

Harga beras tingkat bakul di pasar beras tikungan itu lebih rendah ketimbang di kios-kios yang ada di dalam pasar atau di pinggiran jalur pantura. "Kalau di kios-kios malah harganya lebih tinggi lagi selisihnya sampai Rp1.000 setiap kilogramnya," ujar Aris.

Pemilik kios penjual beras di Jl. P. Diponegoro, Brebes, H. Muhtiono mengaku menjual beras kualitas medium Rp12.000 per-kilogram dan harga beras kualitas premium Rp13.000/kg.

Baik Aris maupun Muhtiono, menjelaskan masih tingginya harga beras di Brebes lantara stok gabah di tingkat petani menipis. "Petani banyak yang areal persawahannya ditanami bawang merah," terang Muhtiono. (OL-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More