Bersuara Lewat Hitam

Penulis: Siti Retno Wulandari Pada: Minggu, 14 Jan 2018, 03:01 WIB Pesona
Bersuara Lewat Hitam

AFP/Frederic J. BROWN

SAOIRSE Ronan sepertinya bukan hanya membawa pulang satu piala di Golden Globe Awards ke-75. Selain gelar aktris terbaik dalam film, musikal, atau komedi, pemeran Christine dalam film Lady Bird pantas membawa pulang 'gelar' busana terbaik.

Gaun hitam Versace yang dikenakannya sangat sesuai dengan pesan dress code warna hitam yang ada di acara tersebut. Dress code itu merupakan bentuk dukungan dan kekuatan untuk memerangi pelecehan seksual yang belakangan terkuat di Hollywood.

Dengan siluet gaun yang sofistikasi tapi tetap simpel dan elegan, Ronan memancarkan kesan kekuatan dan ketangguhan perempuan. Meski berwarna hitam, gaun tersebut juga sangat chic dengan potongan dengan lengan asimetris dan palet silver pada bagian bahu kiri (sisi lengan yang pendek) serta pada pinggang kanan.

Elizabeth Saltzman, penata busana aktris berusia 23 tahun itu mengungkapkan ada banyak pesan yang ingin disampaikan lewat gaun tersebut. "Gaun ini bukan sekadar berwarna hitam, dan bukan tentang seks melainkan justru kekuatan. Bukan tentang kesembronoan, melainkan kepercayaan diri, dukungan, kesucian, serta keunggulan," tuturnya.

Saltzman mengaku juga sengaja memilih karya keluaran Versace karena sang pendiri, Gianni Versace, selalu menonjolkan kekuatan perempuan lewat desain-desainnya.

Aktris lain yang memesona dengan gaun hitamnya ialah Jessica Biel. Datang bersama sang suami, musikus Justin Timberlake, Biel mengenakan ball gown dari Dior Haute Couture. Sisi kelembutan perempuan terpancar dari material tile menerawang di keseluruhan gaun.

Di sisi lain, muncul pula kesan unik dan modern dengan aksen motif bulan sabit besar dengan material velvet di bagian depan gaun. Mengimbangi gaun yang extravagant itu, Biel memilih tatanan rambut sangat sederhana dengan ikat kuda yang rendah.

Paduan gaun tile berpotongan princess dan tata rias sederhana juga menjadi pilihan Diane Kruger. Aktris pemenang gelar aktris terbaik Cannes Film Festival 2017 ini memilih karya Prada. Tidak hanya berpotongan rok lebar, gaun tersebut dilengkapi cape dari material yang sama dan dengan pinggiran berhiaskan kristal.

Kuat dan seksi

Para aktris Hollywood juga menunjukkan warna hitam tidak menghalangi mereka tampil seksi. Seperti penampilan Margot Robbie dengan gaun Gucci yang berbelahan dada sangat rendah.

Meski begitu, keseluruhan penampilan aktris yang masuk sebagai nominasi di kategori yang sama dengan Ronan ini tetap elegan dengan embelishment pita kristal dan bunga tiga dimensi di bagian depan gaun.

Kesan seksi yang sofistikasi juga diberikan Allison Janney. Perempuan pemenang gelar aktris pendukung terbaik dalam film ini mengenakan gaun karya Mario Dice dengan pola rumit menerawang di bagian depan. Gaun ini juga memiliki semburat warna putih yang membuat pola tersebut makin tegas meski tanpa banyak warna.

Sementara itu, salah satu penampilan yang dipuji kritikus fesyen adalah Nicole Kidman. Bagi fashion editor, Petta Chua, penampilan Kidman bukan hanya memukau dari busananya, melainkan juga dari pesan di pidato kemenangannya.

Setelah menerima piala aktris terbaik di film televisi atau mini seri, Kidman mengajak seluruh hadirin untuk terus menyuarakan soal perlawanan terhadap pelecehan seksual. Pasalnya kejahatan tersebut bukan sesuatu yang gampang dan cepat ditumpas.

Pada akhirnya memang kampanye perlawanan terhadap pelecehan seksual bukan sekadar lewat busana. Perlawanan tersebut harus diwujudkan dengan tindakan nyata. (Wnd/nypost.com/Vogue.com/People.com/M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More