Menyasar Seluruh Otot

Penulis: Zuq/M-3 Pada: Minggu, 14 Jan 2018, 05:01 WIB Gaya Urban
Menyasar Seluruh Otot

MI/Usman Iskandar

CROSSFIT ialah disiplin olahraga untuk kekuatan dan kebugaran tubuh. Crossfit menggabungkan gerakan beberapa disiplin kebugaran dengan campuran olympic lifting, power lifting, gimnastik, dan atletik. Gerakan itu lalu dilatih dalam kerangka waktu yang telah ditetapkan. Crossfit bertujuan meningkatkan kapasitas atlet di seluruh tubuh.

"Crossfit itu functional training yang dilakukan dengan intensitas tinggi. Gerakannya functional movement. Gerakan-gerakan yang biasa kita lakukan setiap hari. Kita melatih seluruh badan dari atas sampai bawah. Misalnya disini kita melakukan dari lari, push-up, sit-up, bel swift, back lit, squad, semuanya gerakan-gerakan yang functional movement," terang Instruktur Crossfit Garuda Peter Sutono, 37.

Crossfit berasal dari Amerika, lalu menyebar ke seluruh dunia. Crossfit masuk Indonesia sekitar delapan tahun lalu. Sementara itu, Crossfit Garuda merupakan wadah resmi pencinta crossfit di Jakarta. Selain Crossfit Garuda, masih ada beberapa wadah lain yang tersebar di berbagai kota.

Crossfit mempunyai tujuan menggerakkan seluruh otot-otot tubuh. Pola gerak dirancang sedemikian rupa hingga mampu menggerakkan otot seperti ketika beraktivitas harian. Bergerak dengan baik dan benar untuk melatih otot yang diperkuat setiap hari untuk meningkatkan kualitas hidup.

Itulah yang membedakan crossfit dengan bentuk olahraga lain. Gerakannya diambil dari gerak keseharian. Sebab crossfit lebih bersifat functional movement work out. Jadi gerakan-gerakannya yang dilakukan setiap hari.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More