Gempa 5 SR Guncang Kupang

Penulis: Antara Pada: Sabtu, 13 Jan 2018, 19:35 WIB Nusantara
Gempa 5 SR Guncang Kupang

Ilustrasi/ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

GEMPA tektonik berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kupang dan sekitarnya Nusa Tenggara Timur. Gempa terjadi sekitar pukul 05.49.04 Wita.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang, Hasanudi, mengatakan, pusat gempa bumi berada di Laut Sawu.

"Kalau dari hasil update analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang memiliki kekuatan 5,0 SR itu episenternya terletak pada koordinat 10,13 Lintang Selatan (LS) dan 122,88 Bujur Timur (BT)," kata Hasanudi di Kupang, Sabtu (13/1).

Lokasi titik gempa berada pada jarak 52 km arah barat Kota Naekean, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada kedalaman 68 kilometer.

Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dampak gempa menunjukkan bahwa guncangan berpotensi dirasakan di Kupang, Naekean, Rote, Akle, Hansisi, Terau, dan Baun pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II Modified Morcally Intensi (MMI).

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan lemah dan belum berpotensi menimbulkan kerusakan," ujarnya.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menghunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Laut Sawu.

Sementara itu, dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi ini dipicu penyesaran mendatar-naik (oblique thrust). Hingga berita ini diturunkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Kupang dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More