KPU Sukabumi Rekrut Agen Sosialisasi

Penulis: Administrator Pada: Sabtu, 13 Jan 2018, 15:15 WIB Pilkada
KPU Sukabumi Rekrut Agen Sosialisasi

ANTARA/Maulana Surya

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, Jawa Barat, akan merekrut agen sosialisasi untuk kebutuhan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Mereka akan bertugas menyosialisasikan tahapan dan pelaksanaan pilkada hingga bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

"Pendaftarannya kami buka mulai 16 Januari hingga 18 Januari," kata komisioner KPU Kota Sukabumi Sri Utami di Sukabumi, kemarin.

KPU, lanjut dia, menargetkan tingkat pemilih dalam Pilkada Serentak 2018 bisa mencapai 80%.

"Pembentukan agen sosialisasi ini bertujuan meningkatkan partisipasi elektoral," tambah Sri.

Dia memaparkan KPU akan me-rekrut dua agen sosialisasi di setiap kecamatan. Di Kota Sukabumi terdapat tujuh kecamatan.

Jadi, KPU membutuhkan 14 orang agen sosialisasi.

"Secara spesifik, tugas agen sosialisasi itu antara lain menyampaikan pentingnya partisipasi elektoral pemilih pada pemilihan gubernur Jabar serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota Sukabumi, materi pemutakhiran data pemilih, materi dampak negatif kabar bohong dan isu SARA dalam pilkada, serta materi bahaya perilaku golput, dan money politics," beber Sri.

Para agen sosialisasi, lanjut dia, bertugas mulai Februari hingga Juni dengan honor Rp600 ribu per bulan.

Syarat menjadi agen sosialisasi, lanjut dia, antara lain tidak boleh tercatat sebagai anggota parpol atau menca-lonkan diri sebagai calon anggota legislatif sekurang-kurang dalam kurun lima tahun terakhir.

KPU Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mendampingi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati menjalani tes kesehatan di RS Moewardi, Surakarta.

Kedua pasangan yakni Bupati Banyumas Achmad Husein dan Sadewo Tri Lastiono bersama dengan pasangan mantan Bupati Banyumas Mardjoko dan Ifan Haryanto.

Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi mengatakan pemeriksaan kesehatan merupakan tahapan yang harus ditempuh bakal calon setelah mendaftarkan diri ke KPU Banyumas.

"Tahun ini RS yang ditunjuk untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan adalah RS tipe A. Banyumas mendapat jatah di RS Moewardi Solo bersama dengan KPU Karanganyar, Temanggung, dan Magelang." (DG/LD/YH/BB/N-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More