Proses SNMPTN 2018 Mulai Hari Ini

Penulis: Administrator Pada: Sabtu, 13 Jan 2018, 07:34 WIB Humaniora
Proses SNMPTN 2018 Mulai Hari Ini

ANTARA/Ampelsa

PROSES pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2018 yang berdasarkan nilai rapor dan portofolio akademik siswa dimulai hari ini hingga 10 Februari mendatang.

"Mulai besok (hari ini), sekolah dipersilakan mengisi data di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS)," ujar Ketua Panitia SNMPTN dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Ravik Karsidi dalam acara peluncuran SNMPTN dan SBMPTN yang juga dihadiri Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti) Mohamad Nasir di Jakarta, kemarin.

Ravik menjelaskan penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) dilakukan melalui tiga cara, yakni SNMPTN, SBMPTN yang dilaksanakan dengan sistem ujian tulis berbasis cetak (UTBC) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK), dan jalur seleksi mandiri yang diserahkan kepada rektor PTN masing-masing.

"Pada tahun ini, SNMPTN diikuti 85 PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) dan Kementerian Agama," katanya.

Ravik mengatakan tidak ada perubahan daya tampung jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sedangkan batas minimal untuk SNMPTN adalah 30% dari daya tampung, SBMPTN minimal 30%, dan ujian mandiri maksimal 30%.

Rektor Universitas Negeri Solo itu menambahkan, sekolah yang bisa mendaftarkan siswa dengan ketentuan akreditasi A, yakni 50% siswa terbaik di sekolah.

Akreditasi B sebanyak 30% siswa terbaik di sekolahnya, dan akreditasi C sebanyak 10% yang terbaik di sekolahnya. Akreditasi lainnya sebanyak 5% siswa terbaik di sekolahnya.

Menristek-Dikti Mohamad Nasir menegaskan sekolah harus menyampaikan data yang riil ketika mengisi data di PDSS.

"Sekolah harus menyampaikan data yang riil, jangan dimanipulasi data yang ada," ujar Nasir.

Untuk SNMPTN, sekolah terlebih dahulu mengisi data siswa di PDSS, baru kemudian dilakukan proses penyeleksian melalui nilai rapor dan juga portofolio akademik.

"Tugas kepala sekolah melakukan verifikasi siswa yang didaftarkan SNMPTN," katanya.

Setelah pengisian data di PDSS dilanjutkan dengan pendaftaran mulai 21 Februari hingga 6 Maret dan pengumuman pada 17 April.

Sementara itu, pendaftaran SBMPTN (UTBK dan UTBC) mulai 5-27 April, ujian pada 8 Mei dan pengumuman pada 3 Juli 2018. (Ths/Ant/X-10)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More