Emma Watson Dukung Perlawanan Pelecehan Seksual

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Sabtu, 13 Jan 2018, 09:01 WIB Selebritas
Emma Watson Dukung Perlawanan Pelecehan Seksual

AP/Chris Pizzello

AKTRIS asal Inggris, Emma Charlotte Duerre Watson, 27, atau lebih dikenal dengan Emma Watson mendukung perlawanan dan kekerasan terhadap perempuan tidak hanya di industri film, tetapi juga bidang lainnya.

Hal itu dia katakan ketika menghadiri Golden Globes Award, Minggu (7/1/).

Aktris pemeran karakter Hermione dalam film Harry Potter itu juga mengungkapkan pernah mengalami pelecehan seksual di Hollywood.

"Luar biasa, karena aku pernah mengalami warna-warni bentuk pelecehan," ungkap Watson yang turut mengenakan baju hitam bersama selebritas lainnya dalam rangka mendukung gerakan #MeToo.

"Tetapi, menurut saya, pengalaman tersebut bukanlah hal unik, begitu juga pengalaman teman-teman saya dan pengalaman kolega saya. Isu ini (pelecehan seksual) sangat sistematis dan terstruktur," ujarnya seperti dikutip dari laman Independent.co.uk.

Perempuan yang juga menjadi duta PBB itu mengutip data bahwa angka statistik di Inggris menunjukkan perempuan usia 18-24 tahun banyak mengalami pelecehan seksual di tempat kerja.

"Anda sadar, saat berbincang dengan beberapa perempuan, mereka pernah mengalami pengalaman itu. Mereka memiliki cerita. Hanya saja kita belum menemukannya. Kita hanya menggaruknya di permukaan, masalah yang sangat-sangat gila," tegas Emma.

Feminisme

Dia menjelaskan feminisme memberikan kesempatan bagi perempuan untuk memilih.

Bukan mengekang untuk melawan perempuan lain.

Menurutnya, hal itu tentang kebebasan, pembebasan, serta kesetaraan.

Emma juga terlihat bersama Direktur Eksekutif Imkaan (organisasi feminis kulit hitam yang berbasis di Inggris) Marai Larasi sepanjang penyelenggaraan Golden Globe.

Turut hadir dalam acara itu aktris yang juga aktivis, di antaranya Susan Saradon, Amy Poehler, dan Meryl Streep.

Beberapa waktu lalu, Watson sempat mengatakan dia mendukung bintang Hollywood yang menuduh produsen terkenal, Harvey Weinstein, sebagai pelaku pelecehan seksual.

Dia berbicara setelah Weinstein terlibat dalam serangkaian tuduhan telah melecehkan karyawan wanita dan bintang film selama beberapa dekade, sebagai salah satu pria paling berpengaruh di Hollywood.

Dikutip dari laman Thesun.co.uk, Watson menulis di akun Twitter pribadinya, 'Saya berdiri dengan semua wanita yang telah dilecehkan secara seksual, dan terpesona oleh keberanian mereka. Perlakuan buruk terhadap wanita ini harus dihentikan'.

Watson sempat bekerja sama dengan Weinstein pada 2011 lalu saat dia membintangi film My Week with Marilyn.

Watson sebagai UN Women Goodwill Ambassador merupakan salah satu aktris Hollywoord yang dengan penuh passion mengampanyekan hak-hak perempuan. Dirinya ditunjuk menjadi duta pada 2014.

(H-4)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More