Indonesia Harus Menjadi Destinasi MICE Unggulan Asia

Penulis: Bay/H-2 Pada: Sabtu, 13 Jan 2018, 06:31 WIB Humaniora
Indonesia Harus Menjadi Destinasi MICE Unggulan Asia

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

INDONESIA telah menjadi salah satu tujuan pariwisata dunia yang menawarkan keragaman daya tarik destinasi untuk liburan dan bisnis.

Bahkan, seiring dengan meningkatnya motivasi wisatawan ke Tanah Air, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) telah mencanangkan 16 destinasi meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE).

Terkait dengan itu, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti sebagai salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di bidang pariwisata mendukung program pemerintah dalam menyukseskan program destinasi MICE.

Sebanyak 16 destinasi MICE tersebut antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Batam, Lombok, dan Makassar.

"Indonesia diharapkan menjadi destinasi MICE yang terbaik di antara negara yang ada di Asia. Kita juga berharap destinasi lainnya layak menjadi destinasi MICE Indonesia selanjutnya," kata Kepala STP Trisakti Fetty Asmaniati dalam seminar dan pameran MICE Discovery 2018 di Kampus STP Trisakti, Jakarta, kemarin.

Ia mengatakan padatnya kalender acara tahunan kegiatan pariwisata Indonesia menarik dan selalu dinanti para wisatawan mancanegara dan domestik.

Seminar yang diselenggarakan Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) STP Trisakti itu antara lain juga bertujuan mendukung pemerintah, asosiasi pariwisata, perusahaan yang bergerak di bidang MICE, dan dunia pendidikan dalam menyebarluaskan pemahaman lebih mendalam mengenai industri MICE.

Dengan gencarnya sosialisasi itu, tambahnya, diharapkan masyarakat dapat mengenal dan berpartisipasi menyukseskan industri MICE.

Fetty optimistis pariwisata bakal menjadi sektor andalan sumber pendapatan negara, oleh karena itu, STP Trisakti harus ikut berperan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di bidang pariwisata.

Pembicara lain dalam seminar tersebut, Ketua Umum Asosiasi Kongres dan Konvensi Indonesia (Akkindo) Iqbal Alan Abdullah mengatakan kalangan perguruan tinggi berperan penting memajukan industri MICE.

"Kita mempunyai tanggung jawab bersama dan harus terus belajar agar Indonesia mampu menjadi destinasi utama industri MICE di tingkat ASEAN dan juga global," ujarnya.

Ia menilai negara lain di kawasan Asia telah lebih dulu berkembang dengan menggenjot industri itu.

Oleh karena itu, ia juga berharap pemerintah, khususnya Kemenpar, turut bersama memajukan MICE di Tanah Air.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More