Turnamen Piala Presiden Longgarkan Regulasi Pemain Asing

Penulis: (Sat/R-1) Pada: Sabtu, 13 Jan 2018, 05:22 WIB Sepak Bola
Turnamen Piala Presiden Longgarkan Regulasi Pemain Asing

Risha Adi Wijaya Anggota Organizing Committee Piala Presiden. METROTVNEWS.COM

PENYELENGGARAAN Piala Presiden 2018 memberikan sedikit ke­longgaran untuk menjajal pemain baru, khususnya untuk kuota pemain asing. Piala Presiden yang tahun ini telah memasuki usia ketiga memperbolehkan setiap kontestan menyertakan enam pemain asing baru dalam lis pemain yang didaftarkan. Namun, dalam setiap pertandingan, hanya ada tiga legiun asing bebas dan satu dari Asia yang diperkenankan merumput. Anggota Organizing Committee Risha Adi Wijaya di Jakarta, Jumat (12/1), menyebut penambah­an kuota pemain asing di Piala Presiden 2018 itu merupakan fleksibilitas yang ditawarkan pihak penyelenggara. Hal itu dilakukan karena status Piala Presiden merupakan ajang pramusim sehingga bisa menjadi tes untuk menjajal pemain baru.

Ditambah lagi, penyelenggara Piala Presiden 2018 juga tidak mencantumkan syarat pemain yang berlaga harus memiliki status telah dikontrak klub. “Soal regulasi akan sedikit fleksibel. Pramusim ini berguna untuk mengetahui individu dan teamwork tim. Pemain juga tidak perlu dikontrak karena hanya satu bulan bermain,” jelas Risha. Piala Presiden 2018 direncanakan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Stadion Gelora Bandung Laut­an Api (GBLA) di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/1) mendatang. Laga final akan digelar pada 17 Februari yang diproyeksikan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Piala Presiden kali ini akan tetap menggunakan skema tahun lalu dengan jumlah kontestan 20 tim. Sebanyak 15 tim merupakan klub-klub Liga 1, 3 klub promosi, dan 2 tim terakhir tim peringkat keempat dan kelima Liga 2 2017 musim lalu.
Jumlah hadiah pun meningkat dari tahun sebelumnya, yakni berkisar 10%. Tim juara Piala Presiden 2018 diganjar dengan hadiah Rp3,3 miliar, sedangkan tim peringkat kedua mendapat hadiah Rp2,2 miliar. Posisi ketiga meraih uang tunai Rp1,1 miliar.
“Suatu perhelatan tidak mungkin dibuka seluruh detailnya. Hal yang mendasar, kenaikannya 10% (hadiah). Dana yang kita dapatkan yang kita alokasikan,” tutur ketua Organizing Committee Berlinton Siahaan. (Sat/R-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More