Suku Bunga Acuan Diprediksi akan Tetap

Penulis: (E-1) Pada: Sabtu, 13 Jan 2018, 00:01 WIB Ekonomi
Suku Bunga Acuan Diprediksi akan Tetap

MI/RAMDANI

LEMBAGA Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7-days reverse repo rate akan tetap sepanjang tahun ini. “Kami memprediksi BI 7-days reverse repo rate akan stabil di 4,25% hingga akhir tahun,” kata Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan saat jumpa pers di Jakarta, seperti dikutip Antara, Jumat (12/1). Fauzi menjelaskan, ada dua alasan utama LPS memproyeksikan bank sentral akan mempertahankan suku bunga acuan. Alasan pertama ialah inflasi yang diperkirakan masih akan relatif rendah sepanjang tahun ini.

Alasan kedua ialah bank sentral dunia yang disebut belum akan menaikkan suku bunga acuan secara tajam kendati konsensus analis global menyebutkan suku bunga acuan bank sentral AS The Fed akan naik dari 1,5% menjadi 2,25% sepanjang 2018.
Bank-bank sentral dunia disebut akan mempertahankan suku bunga acuan karena menilai ekspektasi inflasi masih terkendali, pertumbuhan ekonomi masih dibawah potensi, dan untuk menjaga likuiditas.

Selama 2018, European Central Ban (ECB) diperkirakan akan tetap mempertahankan suku bunga acuannya di 0%, Bank of Japan akan mempertahankan suku bunga acuannya di minus 0,1% dan People’s Bank of China di 4,35%. “Kenapa kita memantau empat bank sentral tersebut? Karena ekonomi Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan Tiongkok mencakup 68% PDB dunia. Memang kita lihat ada risiko kenaikan Fed fund rate. Namun, di sisi lain kita lihat bank sentral besar lainnya akan tetap mempertahankan suku bunga acuannya,” kata Fauzi.

Bunga penjaminan LPS
Tingkat bunga penjaminan LPS untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing (valas) di bank umum serta untuk simpanan dalam rupiah di bank perkreditan rakyat (BPR) tetap. Tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing (valas) di bank umum masing-masing 5,75% dan 0,75%. Sementara itu, untuk simpanan dalam rupiah di BPR ialah 8,25 %.

“Tingkat bunga penjaminan untuk periode 16 Januari 2018 sampai dengan 14 Mei 2018 untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing di bank umum dan rupiah di BPR tidak mengalami perubahan,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah. (E-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More