Banjir di Sampang belum Surut

Penulis: (MG/RF/OL/AB/NV/LD/BB/YK/N-3) Pada: Jumat, 12 Jan 2018, 23:00 WIB Nusantara
Banjir di Sampang belum Surut

ANTARA FOTO/Saiful Bahri/

BANJIR yang melanda Kota Sampang, Jawa Timur, makin meluas. Tercatat lima desa dan dua kelurahan tergenang banjir sejak Kamis (11/1). Sejumlah sekolah terpaksa diliburkan karena terendam banjir. Selain memutuskan arus lalu lintas dam melumpuhkan kegiatan ekonomi, listrik terpaksa dimatikan. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Anang Djoenaedi, mengatakan dari hasil pantauan Tim Reaksi Cepat, debit air Sungai Kamoning di wilayah hulu terus meningkat. “Ketinggian air hingga 95 sentimeter dari titik normalnya,” kata Anang, Jumat (12/1).

Meski banjir, belum ada warga yang akan mengungsi. BPBD Sampang telah mendistribusikan bantuan makanan ke sejumlah titik paling parah dilanda banjir, di antaranya Jalan Mawar dan Dusun Glisgis. Cuaca ekstrem dengan hujan deras dan angin kencang melanda kawasan wisata Gunung Bromo. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang dan memutus jalur menuju Bukit Penanjakan Bromo, kemarin. Jalur yang terputus tepatnya di Dingklik yang menghubungkan ke Penanjakan.

Angin kencang juga melanda wilayah Banyumas, Jawa Tengah. Sedikitnya 170 rumah rusak akibat diterjang angin kencang pada Kamis (11/1) sore. Dilaporkan seorang warga tewas tersambar petir. Korban bernama Sukim Sukardi, warga Desa Cingebul, Kecamatan Lumbir, Banyumas, Jawa Tengah.

Dari Bali, angin kencang juga melanda Kota Denpasar yang menyebabkan pohon-pohon di tepi jalan tumbang. Angin kencang juga memicu gelombang laut mencapai 7 meter di jalur penyeberangan utara Bangka dan Selat Karimata. Staf Analisa dan Prakiraan BMKG Kelas I Pangkalpinang, Evi Diana, mengatakan gelombang laut ekstrem akan terjadi selama tiga hari ke depan.

Menyikapi perubahan cuaca cukup ekstrem, BMKG Provinsi Lampung sudah memerintahkan BPBD setempat untuk siaga dalam sepekan ke depan. Dalam sepekan mendatang, Lampung akan dilanda hujan dengan intensitas tinggi. (MG/RF/OL/AB/NV/LD/BB/YK/N-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More