Khofifah-Emil Diminta Fokus Menemui Rakyat

Penulis: Faishol Taselan Pada: Jumat, 12 Jan 2018, 19:36 WIB Nusantara
Khofifah-Emil Diminta Fokus Menemui Rakyat

ANTARA FOTO/Zabur Karuru

PASANGAN calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak untuk lebih fokus menemui rakyat daripada berpidato di berbagai forum.

"Sekarang sudah saatnya turn to people (menemui rakyat), kurangi pidato di berbagai forum," kata Ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Soekarwo, di Surabaya, Jumat (12/1).

Untuk sementara, kata dia, keduanya harus berpisah, alias jalan sendiri-sendiri untuk bertemu dengan masyarakat Jatim. Menurut Pakde Karwo--sapaan Gubernur Jatim ini--, bertemu dan menyapa masyarakat lebih bagus ketimbang ceramah-ceramah.

"Jangan mempunyai cara berpikir rakyat perlu dicerdaskan. Karena, masyarakat sekarang sudah cerdas semua. Ketemu dan menyapa rakyat lebih pokok, itu saran kita. Tapi terserah aktor cagub dan cawagubnya. Sekarang di posisi ini, ketemu antarpartai," ujarnya.

Ia menambahkan, lima bulan merupakan waktu yang cukup panjang bagi paslon untuk menyosialisasikan program-program mereka.

"Jangan kemudian isinya itu-itu saja terus, tapi isu pokoknya yang perlu dipahami," jelasnya.

Adapun isu yang dimaksud Pakde Karwo ialah isu lokal. Ada pendekatan wilayah, tapi ada juga pendekatan yang spesifik, yaitu sampai rata-rata isu di daerah itu menjadi nomor satu atau prioritas.

"Tiap daerah isunya sendiri-sendiri. Peta politik seperti itu yang kemudian sudah dibuat survei dan diberikan kepada aktornya (cagub dan cawagub)," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Penenangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno (Puti), Sri Untari, menegaskan bahwa Puti bakal segera mengundurkan diri sebagai anggota DPR.

Cucu Bung Karno itu memang masih tercatat sebagai anggota Komisi X DPR RI. Komisi ini membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga, dan perpustakaan.

"Sesuai aturan KPU (Komisi Pemilihan Umum) setelah ditetapkan sebagai kandidat, Mbak Puti akan mundur sebagai anggota DPR. Saat ini sedang diurus berkas-berkasnya," kata Untari.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menyebutkan, bagi anggota DPR, DPD, dan DPRD yang maju dalam pemilihan kepala daerah, wajib menyatakan secara tertulis pengunduran diri sejak ditetapkan sebagai pasangan calon. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More