Gubernur Kalsel Resmikan Desa Agrowisata Durian

Penulis: Denny Susanto Pada: Kamis, 11 Jan 2018, 19:36 WIB Nusantara
Gubernur Kalsel Resmikan Desa Agrowisata Durian

MI/Denny Susanto

GUBERNUR Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, meresmikan Desa Biih di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, sebagai desa agrowisata durian, yang diberi nama Agrowisata Durian Biih. Desa Biih selama ini memang dikenal sebagai tempat penghasil durian lokal di Kalsel yang kini disebut durian Galuh Manis.

Peresmian Agrowisata Durian Biih tidak lepas dari potensi yang dimiliki oleh desa tersebut sebagai penghasil buah durian di Kalsel.
Dengan diresmikannya Desa Biih sebagai Agrowisata Durian, Gubernur Kalsel mengharapkan desa yang berada di pelosok Kabupaten Banjar itu dapat semakin dikenal sebagai Kampung Durian.

Gubernur juga mengingatkan akan pentingnya promosi objek wisata. Sahbirin mengaku bangga dan berterima kasih atas penghormatan yang diberikan oleh masyarakat Desa Biih untuk memberikan nama untuk salah satu jenis durian yang ada dengan sebutan si Galuh Manis.

Gubernur berharap, si Galuh Manis menambah berbagai jenis durian yang sudah ada di Kalsel. Sebelumnya, sudah ada si Penyangat, si Pengantin, si Amas, si Jukung, si Taruna, dan si Cupikan.

Sementara, Bupati Banjar, Khalilurrahman, mengaku bangga akan potensi yang dimiliki oleh daerahnya karena ada beberapa jenis durian dari Kabupaten Banjar termasuk dalam varietas unggul nasional.

Ia berharap, Agrowisata Durian Biih tidak hanya dapat menjadi destinasi wisata, melainkan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga digelar kontes durian se-Kabupaten Banjar. Sebanyak 80 orang peserta dengan 80 macam durian mengikuti kontes durian. Dari 80 jenis durian, durian yang diberi nama si BambanĀ berhasil menjadi pemenangnya.

Durian si Bamban yang dimiliki oleh Samsi yang berasal dari Desa Biih berhasil mengalahkan berbagai jenis durian lainnya dan berhasil menerima hadiah dengan total lebih dari Rp10 juta.

Dalam sebulan terakhir, Desa Biih menjadi daerah tujuan warga pecinta durian untuk menikmati durian lokal langsung dari kebun warga. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More