Suhu Dingin Diprediksi masih Selimuti Wilayah Sumbar

Penulis: Yose Hendra Pada: Kamis, 11 Jan 2018, 19:26 WIB Nusantara
Suhu Dingin Diprediksi masih Selimuti Wilayah Sumbar

Ilustrasi

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi suhu dingin melanda Sumatra Barat (Sumbar) hingga dua hari ke depan.

Sebagai gambaran, pada Selasa (9/1), Kota Padang dan sekitarnya merasakan suhu udara yang cukup dingin, terutama pada malam atau dini hari. Padahal, Kota Padang beriklim panas karena terletak di pesisir barat atau tepian Samudra Hindia.

"Dari hasil pemetaan suhu minimum harian di Sumatra Barat pada 9 Januari 2018 tercatat berkisar antara 17-21 derajat Celcius dan hal ini terjadi penurunan suhu yang signifikan dari beberapa hari sebelumnya yang berkisar antara 20-25 derajat Celcius," beber Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II BIM, Padangpariaman, Sumbar, Budi Samiadji, Kamis (11/1).

Menurutnya, kejadian suhu rendah ini diperkirakan masih akan terjadi hingga dua hari ke depan. Berdasarkan hasil analisis, jelasnya, pada siang hari di beberapa wilayah Sumbar, seperti Padang dan sekitarnya, cuaca didominasi cerah berawan dan pertumbuhan awan pada siang hingga malam hari tidak signifikan.

Saat siang yang cerah, bumi akan menerima radiasi panas matahari lebih banyak sehingga suhu terasa lebih tinggi. Sebaliknya, karena tak ada awan, bumi akan lebih cepat melepaskan panas yang diterima ke atmosfer saat malam.

Hal ini mengakibatkan bumi melepaskan panas lebih cepat dan lebih besar ke atmosfer dari biasanya. Ini lah yang mengakibatkan suhu terasa dingin.

Kemudian, lanjut dia, kondisi minimnya hujan di Sumbar diakibatkan adanya daerah tekanan rendah atau gangguan cuaca di barat Lampung sehingga awan hujan terkonsentrasi di sekitar daerah tekanan rendah. Dan awan-awan hujan di wilayah Sumbar tertarik ke arah selatan- tenggara.

"Secara dampak, dari kondisi di atas suhu udara di Sumatra Barat memang turun dari 2 derajat dari normalnya, tetapi masih pada kondisi yang wajar atau belum ekstrem sehingga belum berdampak terhadap kehidupan manusia," tukasnya.

Sementara hari ini, gempa juga melanda Sumbar. BMKG Stasiun Meteorologi Minangkabau melaporkan bahwa gempa terjadi sekitar pukul 7.22 WIB dengan kekuatan 4,2 skala Richter (SR).

Pusat gempa bumi berada di 3.33 Lintang Selatan, 99.51 Bujur Timur atau 84 kilometer barat daya Pulau Pagai, Kepulauan Mentawai, Sumbar. Kedalaman gempa sendiri berada di 35 kilometer. Tidak ada laporan kerusakan dari gempa bumi tersebut. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More