Proliga 2018 Terapkan Aturan Baru

Penulis: Administrator Pada: Kamis, 11 Jan 2018, 07:39 WIB Olahraga
Proliga 2018 Terapkan Aturan Baru

ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA

KEJUARAAN bola voli profesional nasional Proliga 2018 mempunyai aturan baru.

Tim peserta tahun ini boleh menurunkan 14 pemain termasuk dua pemain libero.

"Pada kejuaraan sebelumnya, setiap tim hanya berhak mendaftarkan 12 pemain dengan satu atau dua libero. Pada 2018, setiap tim yang mendaftar dengan 12 pemain hanya boleh menempatkan satu libero atau tidak sama sekali," kata Direktur Proliga Hanny S Surkatty di Jakarta, kemarin.

Hanny mengatakan penetapan aturan baru itu guna menyesuaikan dengan sistem pertandingan yang akan digunakan di cabang bola voli Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

"Kami mulai membiasakan sistem dengan dua pemain libero sebagaimana dalam Asian Games nanti," kata Ketua V Bidang Kompetisi dan Pertandingan Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli (PBVSI) itu.

Kejuaraan Proliga yang telah berlangsung sejak 16 tahun lalu itu, menurut Hanny, juga dapat menjadi ajang uji coba guna menyiapkan para atlet merebut medali cabang bola voli di Asian Games ke-18.

Sementara itu, Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) menjelaskan alasan tidak masuknya Jakarta sebagai kota penyelenggara Proliga 2018.

Ketiadaan arena pertandingan yang sesuai menjadi penyebab utama.

"Jakarta tidak memiliki arena pertandingan atau gelanggang olahraga yang mampu menampung 3.000 hingga 5.000 orang kecuali Istora Senayan dan Tennis Indoor di Gelora Bung Karno, Jakarta," kata Wakil Ketua Bidang Kompetisi PP PBVSI Regi Nelwan.

Regi menambahkan Istora Senayan dan lapangan Tennis Indoor tidak bisa digunakan karena masih dalam tahap renovasi jelang penyelenggaraan Asian Games di Jakarta pada Agustus 2018.

Beberapa lokasi lain di Jakarta dinilai belum memadai menggelar ajang seperti Proliga

"GOR di Kuningan, Kelapa Gading, ataupun Simprug belum memadai sebagai lokasi penyelenggaraan pertandingan bola voli yang mempunyai penggemar semakin banyak," ujar Regi.

Proliga 2018 akan berlangsung di delapan kota, yaitu Yogyakarta, Batam, Gresik, Denpasar, Palembang, Bandung, Malang, dan Solo, pada 19 Januari hingga 15 April 2018.

Kejuaraan berhadiah total lebih dari Rp1 miliar itu akan diikuti lima tim di kategori putra dan tujuh tim untuk kategori putri. (Ant/R-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More