Jefri Nichol Tanam Bakau saat Ulang Tahun

Penulis: Denny Parsaulian Sinaga dan Putri Rosmalia Octaviyani Pada: Kamis, 11 Jan 2018, 00:31 WIB Selebritas
Jefri Nichol Tanam Bakau saat Ulang Tahun

MI/ARDI TERISTI

AKTOR muda laki-laki laris 2017, Jefri Nichol, 18, dipilih Koalisi Lestari Hutanku (KLH) dan Kementerian Lingkugan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menjadi Duta Sahabat Anak Peduli Lingkungan. Kali pertama, dia diharapkan bisa mengajak para anak dan remaja menanam bakau di hutan mangrove pada Minggu, 14 Januari 2018 di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Sebanyak 10 ribu bakau bakal ditanam di 10 kota di Tanah Air sebagai bagian dari aksi tanam 25 pohon selama hidup. Gerakan tanam 10 ribu bakau ini dimulai di PIK, Jakarta, dan selanjutnya di Makassar (Sulawesi Selatan), Banda Aceh (Aceh), Lampung, Semarang (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), Padang (Sumatra Barat), Surabaya (Jawa Timur), Medan (Sumatra Utara), dan Yogyakarta (DIY).

Bagi Jefri yang akan genap 19 tahun di hari yang sama, memberi contoh bagi anak dan remaja, merupakan motivasinya ikut acara penanaman bakau ini. Ini pertama kalinya Jefri terlibat di acara lingkungan. "Saya pikir acara perayaan ulang tahun tidak terlalu penting ya. Jadi keinginan saya berkontribusi untuk alam menjadi alasan saya menanam pohon di hari ulang tahunnya. Menanam pohon lebih penting daripada perayaan ulang tahun," yang ditemui di Kementerian LHK, Manggala Wanabhakti, kemarin. Pada acara penanaman bakau itu, sebanyak 850 fans Jefri yang berusia 12-21 tahun akan hadir.

Sebanyak 3.250 remaja dari Jabodetabek akan ikut menanam pohon bakau. "Ini baru pertama kali saya tanam mangrove (bakau) dihadiri ribuan orang. Saya berharap acara nanti bisa lancar dan meningkatkan kepedulian anak-anak muda nanti," kata putra Minang kelahiran Jakarta ini.

Kontribusi pada alam
Dia menyatakan sejak kecil ingin berkontribusi pada alam. "Saya memang pengen banget punya kontribusi ke alam sejak kecil. Saya suka nonton National Geografic dan Discovery Channels dan baru sekarang saya bisa beraksi. Saya ingin mengajak anak-anak muda untuk menjaga alam kita." Selain itu, peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Riau yang mengirim asapnya ke mana-mana juga jadi salah satu motivasi Jefri untuk peduli lingkungan. "Kebakaran hutan 2015 di Riau itu parah banget. Sampai- sampai kampung saya, di Padang (Sumbar) juga kena asapnya. Jadi setidaknya saya pengen menjaga hutan-hutan kita lebih baik."

Jefri tidak merasa terbeban sebagai duta. Sukses atau tidak yang penting saya melakukan dulu apa yang bisa saya lakuin. Yang penting mindset anak-anak muda agar peduli lingkungan bisa terbentuk." Jefri punya pesan bagi para anak muda untuk memulai peduli pada lingkungan.

"Mulai dulu dari hal kecil seperti jangan buang sampah sembarangan atau buang sampah pada tempatnya. Kita mesti jaga lingkungan kita. Kalau bukan kita, siapa lagi. Kalau saya lagi jalan dan nemuin sampah, biasanya saya kantongi dulu," imbuhnya. Menurutnya, hal ini harus dilakukan karena tempat sampah juga sulit ditemukan di pinggir jalan. (H-5)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More