Fredrich Yunadi Dicegah Imigrasi

Penulis: Dro/P-4 Pada: Rabu, 10 Jan 2018, 11:02 WIB Polkam dan HAM
Fredrich Yunadi Dicegah Imigrasi

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

MANTAN pengacara mantan Ketua DPR Setya Novanto, Fredrich Yunadi, masuk daftar pencegahan keluar negeri. Ia dilarang meninggalkan Indonesia atas permintaan KPK yang kini tengah mendalami kasus upaya merintangi penyelidikan korupsi KTP-E.

"Pencegahan keluar negeri terhadap empat orang itu terkait proses penyelidikan dugaan tindak pidana mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan dengan tersangka SN," ucap juru bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, kemarin.

Selain Fredrich, lembaga antirasywah juga mencegah ajudan Novanto Reza Pahlevi, mantan kontributor Metro TV Hilman Mattauch, serta advokat Achmad Rudyansyah. Hilman menjadi sopir dalam kecelakaan yang mengakibatkan Novanto kemudian dilarikan ke RS Permata Hijau.

Febri menjelaskan nama-nama tersebut dicegah sela-ma 6 bulan terhitung sejak 8 Desember 2017. Itu dilakukan karena ada kebutuhan keterangan bagi penyelidikan sehingga memudahkan saat dipanggil ketika dibutuhkan keterangannya.

"Pencegahan keluar negeri sudah sesuai dengan Pasal 12 ayat (1) huruf b Undang-Undang KPK. Pencegahan keluar negeri ini bisa dilakukan di proses penyelidikan, penyidikan dan penuntutan," terang Febri.

Ia menambahkan pihak-pihak yang melakukan obstruction of justice dapat dikenakan Pasal 21 UU Tipikor. Mereka dapat dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 12 tahun dan/atau denda paling sedikit Rp150 juta dan paling banyak Rp600 juta.

"Dalam penyelidikan Pasal 21 ini sejumlah pihak sudah diperiksa untuk melakukan klarifikasi. Namun, karena proses saat ini masih penyelidikan, upaya paksa tidak dapat dilakukan ketika ada saksi yang tidak memenuhi panggilan," lanjut dia.

Hilman kemarin menjalani pemeriksaan di Gedung KPK. Saat ditemui seusai menjalani pemeriksaan, Hilman tidak banyak berkomentar. Novanto sempat menghi-lang pada 15 November lalu. Sehari kemudian ia diketahui mengalami kecelakaan bersama dengan Hilman. Mobil Toyota Fortuner yang mereka tumpangi menabrak tiang listrik di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More