1863: London Underground Railway Dibuka

Penulis: Administrator Pada: Rabu, 10 Jan 2018, 13:00 WIB On This Day
1863: London Underground Railway Dibuka

WIKIPEDIA

LONDON Underground merupakan jaringan transportasi massal kereta listrik di bawah tanah. Jaringan transportasi itu melayani daerah Kota London dan London Raya.

London Underground Railway sering juga disebut dengan istilah Metro atau Tube. Jaringan transportasi itu merupakan yang tertua di dunia dari jaringan sejenis.

Underground sudah mulai beroperasi sejak 10 Januari 1863 pada Metropolitan Railway yang sekarang rutenya dilayani Circle Line dan Hammersmith & City Line. Jaringan itu memiliki 274 stasiun serta 253 mil atau 408 km rel aktif yang melayani 3 juta perjalanan penumpang per hari.

Pada 2003 hingga 2004, terdapat 948 juta perjalanan yang telah dilayani. Sejak 2003, London Underground menjadi bagian Transport for London atau TfL yang juga mengelola kontrak bus tingkat London yang populer. Tak hanya itu, logo Underground sudah menjadi ikon bagi Kota London.

Logo tersebut berupa lingkaran merah dengan persegi panjang biru horizontal di tengahnya. Persegi panjang biru tersebut bertuliskan Underground atau jika digunakan sebagai tanda stasiun akan bertuliskan nama stasiun tersebut.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More