Djarot-Sihar Akhirnya Melenggang

Penulis: Puji Santoso Pada: Rabu, 10 Jan 2018, 07:05 WIB Politik dan Hukum
Djarot-Sihar Akhirnya Melenggang

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

SEHARI menjelang ditutupnya masa pendaftaran pasangan calon peserta pilkada serentak 2018, kesibukan tampak di kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, dikunjungi bakal calon Wakil Gubernur Sumatra Utara Sihar Sitorus tadi malam. Selain putra pengusaha kakap mendiang DL Sitorus itu, politikus senior PPP Suharso Monoarfa ikut merapat.

PDIP sebagai partai pemenang (16 kursi) dalam Pemilu 2014 di Sumut akhirnya bisa mengusung duet Djarot Syaiful Hidayat (mantan Gubernur DKI)-Sihar Sitorus setelah partai berlambang Kabah yang memiliki 4 kursi di DPRD itu memuluskan tiket kontestasi pilkada.

"Koalisi kita dengan PPP positif. Besok (Rabu) jam 13.00 Pak Djarot dan Pak Sihar mendaftar ke KPU Sumut sebagai calon gubernur dan wakil gubernur," ujar Sekretaris DPD PDIP Sumut, Sutarto, kemarin. Sebelumnya, PPP mengusung Wakil Ketua Umum DPP PPP Fadli Nurzal untuk mendampingi mendampingi Djarot. Munculnya nama anggota DPR RI asal Sumut itu mencuat dalam pertemuan Djarot dan Sihar di Kantor DPP PPP, Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (8/1) malam.

Namun, setelah melalui negosiasi yang alot, akhirnya PPP menyerah. "Kalaupun pasangan calon kepala daerah tersebut ialah kader dari partai lain, tapi kalau berpotensi menang, PPP akan ikut mengusung," kata Wakil Sekjen DPP PPP, Ahmad Baidowi, di kantor DPP PPP, Menteng, Jakarta, kemarin. Selain kediaman Megawati, kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, kemarin, disambangi bakal cagub Jateng Sudirman Said setelah mendapat dukungan PKB.

Partai besutan Muhaimin Iskandar itu menyodorkan kader mereka, Ketua Fraksi PKB DPR Ida Fauziah, untuk berpasangan dengan mantan menteri ESDM itu. Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah itu didukung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

Tidak gentar

Koalisi pendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) siap memenangkan pilkada. "Sudah menjadi garis ketua umum untuk memenangkan calon yang diusung," kata Korwil NasDem Jateng/DIY Lestari Moerdijat seusai mendampingi pasangan Ganjar-Yasin mendaftar ke KPU Jawa Tengah.

Terkait dengan calon pendamping Syaifullah Yusuf untuk pilgub Jatim pascaundurnya Abdullah Azwar Anas, PDIP akan mengumumkan hari ini.

Bakal cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap proses pilkada bisa berjalan secara kualitatif dan substantif. Ia meminta relawan agar tidak melakukan kampanye hitam. "Kita jaga bersama," ujarnya. Khofifah-Emil akan mendaftar hari ini ke KPU. (AT/HT/BU/AS/X-4)

#PILKADA

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More