Menanti Pembuktian Sandi Vs Susi

Penulis: Yanurisa Ananta Pada: Selasa, 09 Jan 2018, 09:46 WIB Megapolitan
Menanti Pembuktian Sandi Vs Susi

Warga memancing di Danau Sunter, Jakarta Utara, Jumat (5/1). Pemkot Jakarta Utara akan menggelar Festival Danau Sunter yang diramaikan dengan lomba renang para atlet---MI/Ramdani

DIJADWALKAN, pa­da Februari, Danau Sunter Timur di Jalan Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara, jadi ajang kompetisi VIP. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bakal unjuk kekuatan di sana. Keduanya akan bertanding mengarungi Danau Sunter Timur sepanjang kurang lebih 1 kilometer. Sandiaga akan berenang dari ujung timur danau hingga ujung barat. Sementara itu, Menteri Susi akan mendayung (paddling) dengan jarak yang sama.

Aksi nekat Sandiaga itu bukan tanpa sebab. Aksi tersebut merupakan jawaban dari tantangan Menteri Susi yang berangan-angan Danau Sunter bisa secantik danau di Geneva, Swiss, yang diisi angsa-angsa. Saat itu Susi tengah menghadiri Forum Tahunan Bisnis dan HAM di Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Kalau Pak Gubernur mau membersihkan (Danau Sun­ter), top Pak Gubernur,” tutur Susi.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Sandiaga segera mengumpulkan Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) untuk menyiapkan kepanitiaan Festival Danau Sunter.

Wali Kota Jakarta Utara Husain Murad dipilih sebagai ke­tua panitia. Husain menyebut, beragam pembersihan dan pembenah­an dilakukan mulai sekarang untuk memastikan kenyamanan dan yang terpenting keamanan serta keselamatan untuk lomba tersebut.

“Yang akan dipakai itu Danau Sunter Timur, ya. Kita kemarin sudah melakukan tinjauan dengan SKPD terkait. Senin (8/1) kita rapatkan lagi. Pembenahan itu termasuk bangunan semipermanen yang ilegal terbuat dari bambu di ujung Utara Danau Timur,” kata Husain.

Danau Sunter terdiri atas dua bagian, yakni Danau Sun­ter Timur dan Danau Sunter Barat. Bila Danau Sunter Timur diramaikan aktivitas warga yang memancing, latihan olahraga ski dan jet ski, serta deretan rumah makan seafood, Danau Sunter Barat lebih sepi dan airnya lebih banyak berlimbah.

Pinggiran danau pun sudah diturap. Namun, trotoar di Danau Barat lebih baik ketimbang di Danau Sunter Timur.

Lokasi berbahaya
Kendati lokasi itu sudah dikenal sebagai tempat latihan ski dan jet ski bagi para atlet professional, aksi Sandiaga berenang di Danau Sunter tetap berisiko. Begitu pun aksi Menteri Susi.

Sebabnya, tidak sedikit orang yang tenggelam di kawasan tersebut lantaran mereka tidak tahu kedalaman danau mencapai 8 meter.

Pada 2016 lalu, remaja tewas tenggelam saat mencoba be­renang di Danau Sunter Timur. Tak beberapa lama, kejadian serupa menimpa teknisi jet ski. Dia tenggelam lantaran tidak menggunakan pelampung. Dibutuhkan waktu 4 jam untuk menemukan jenazah korban.

Pengurus olahraga ski air Danau Sunter, Nasir Kadir, menegaskan keselamatan peserta lomba harus betul-betul disiapkan.

Sejumlah perahu karet dan tim penyelam dari Tim SAR akan dikerahkan untuk menjaga keselamatan peserta.

“Karena kita tidak bisa menjamin, ya. Memang Danau Sunter tempat olahraga ski, tapi banyak juga korbannya,” tutur Nasir.

Airnya bersih
Kondisi air di Danau Sunter Timur tampak lebih bersih jika dibandingkan dengan Danau Sunter Barat. Hijau pada air, menurut Nasir, disebabkan banyak faktor, di antaranya limbah umpan bekas peman­cingan ikan yang memenga­ruhi warna air. Namun, pada dasarnya air itu bersih karena atlet berlatih setiap hari.

Saat Media Indonesia menyambangi Danau Sunter Timur, kemarin, tidak ada kegiatan olahraga di sana.

Hanya ramai warga yang memancing. Orang yang duduk-duduk di rumah makan seafood menikmati pemandang­an. Anak-anak yang menyewa bebek-bebekan tengah bermain di tepi danau.

“Kami diberi waktu dua pekan untuk membenahinya. Kita mulai melakukan pembersihan. Tidak menutup kemungkinan, para pejabat gubernur dan wagub akan datang berikut menteri-menteri. Rencananya akan jadi undang­an VIP,” jelas Nasir.

Pembenahan yang dimaksud Nasir ialah bangunan semipermanen yang ada di ujung utara Danau Sunter Timur.

Pemandangan menjadi kumuh lantaran bangunan dibuat dari bambu dan kayu. Nasir mengaku hari ini tidak ada penolakan warga atas pe­nertiban. Selain itu, kerapian warung-warung di sekitar juga akan dibenahi.

Selain lomba renang Sandiaga dengan Menteri Susi, pihak pengurus olahraga ski air akan menyiapkan sejumlah atraksi ski dan jet ski di Danau Sunter Timur. Sesuai dengan instruksi Husain Murad, rencananya pada festival akan diadakan lomba renang yang diikuti komunitas dan festival kuliner dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). (J-3)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More