Si Sempurna meski Pelengkap

Penulis: TB/M-4 Pada: Sabtu, 06 Jan 2018, 23:16 WIB Kuliner
Si Sempurna meski Pelengkap

MI/M TAUFAN

MESKIPUN menjadi hidangan pelengkap di atas meja makan, ayam goreng szechuan cukup menggugah selera Anda ketika mengunjungi Cathay Restauran di Hotel Grand Asia yang terletak di Jalan Bandengan Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Masakan Tiongkok yang sudah cukup mainstream di mulut masyarakat Ibu Kota ini memang memiliki cita rasa tersendiri. Daging ayamnya sangat empuk, dibalut dengan tepung yang membuat luarnya krispy. Rasa asin, manis, dan pedas pun seketika terasa saat potongan kecil ayam ini mendarat di atas lidah.

Siang itu selera makan kami pun sangat meningkat setelah adanya tambahan menu ayam goreng yang dimasak dengan cara sederhana tersebut.

Meski bisa menjadi camilan, hidangan ini bisa dinikmati dengan nasi putih, ketang, atau pasangan lain.

Di Cathay Restauran, masakan yang sudah memiliki cita rasa Nusantara ini tampil tidak dengan banyak embel-embel. Potongan daging ayam hanya dipadukan dengan cabai merah keriting iris, cabai hijau keriting iris, potongan tomat, ketimun, dan selembar daun salad.

Penampilannya sangat sederhana, tapi memiliki rasa yang cukup memuat Anda lahap untuk memakannya.

Kepala Chef Hotel Grand Asia Feriyanto menjelaskan, bahan yang digunakan pada hidangan ini terdiri atas 500 gram ayam jenis broiler yang telah dipotong hingga beberapa bagian kecil, jeruk nipis, garam, tepung maizena, air putih, dan minyak goreng. Untuk bumbu, Anda cukup menyiapkan bawang putih dan bawang merah yang telah dimemarkan serta cincang halus.

Kemudian bawang bombai yang telah dipotong kotak, jahe yang dimemarkan, cabai kering dipotong memanjang, pekak, saus tiram, saus sambal, saus tomat, kecap manis, kecap asin, dan merica bubuk.

"Ketika bahan dan bumbunya sudah lengkap, siap untuk dimasak," akunya kepada Media Indonesia, belum lama ini.

Untuk cara pembuatannya, lanjut Feriyanto, lumuri ayam dengan air jeruk dan garam, diamkan 15 menit. Goreng ayam hingga matang. Lalu angkat dan tiriskan.

Setelah itu, panaskan minyak goreng, tumis bawang, jahe, cabai kering dan pekak hingga harum. Tambahkan saus sambal, saus tomat, kecap, merica dan air. Masukkan ayam, aduk rata.

Kemudian masukkan larutan maizena, aduk hingga kental. Tambahkan air jeruk lemon dan aduk lagi secara rata. Tunggu hingga matang.

"Setelah matang hidangkan dalam kondisi panas sehingga menambah lebih nikmat ayam goreng szechuan ini untuk disantap sendiri atau pun beramai-ramai," tandas Feriyanto.

Selain rasanya yang enak, harga dari menu ini lumayan terjangkau untuk semua kalangan. Pihak restoran hanya menghargai dengan Rp35 per porsi. Harga itu pun sudah termasuk pajak.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More