Datsun Go Cross Segera Meluncur

Penulis: Nurtjahyadi Pada: Kamis, 04 Jan 2018, 11:10 WIB Otomotif
Datsun Go Cross Segera Meluncur

DOK. DATSUN

KONDISI jalan dan budaya masyarakat Indonesia yang guyub rupanya menginspirasi model-model kendaraan baru.

Karena buruknya kondisi jalan, termasuk di perkotaan, tentu kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV) lebih cocok, tetapi untuk memenuhi kebutuhan keluarga multi-purpose vehicle (MPV) menjadi pilihan bijaksana.

Hal itu yang melandasi Datsun Indonesia merilis Datsun Go Cross yang akan diluncurkan pada 18 Januari 2018.

Sesuai dengan namanya, Go Cross dibangun di atas platform yang membentuk Datsun Go, dalam hal ini ialah Go Plus Panca yang mengalami beberapa pengembangan sehingga terlihat berbeda. Salah satunya ialah dengan menambah ketinggian.

Seperti Go Plus Panca, minicrossover lansiran Datsun ini memiliki kapasitas penumpang 5+2.

Kabar yang beredar juga menyebutkan mesin yang diusung pun identik dengan milik Go Plus Panca, tiga silinder berkapasitas 1,2 liter (1.128 cc) dengan output maksimal 69 hp pada 5.000 rpm dan torsi puncak sebesar 104 Nm pada 4.000 rpm, dikombinasi transmisi manual 5-speed.

Meskipun mesinnya imut, kendaraan itu nanti tidak akan masuk kategori low cost green car (LCGC) karena harga yang akan ditawarkan bakal dimulai di angka Rp150 jutaan.

Artinya ini cukup mengobati gengsi bagi konsumen yang jengah dengan status 'kendaraan murah meriah' LCGC.

Berkat sedikit sentuhan ulang sosok mobil konsep, Go Cross pun tampak 'ganteng' dan macho berkat lekuk-lekuk bodinya yang dinamis dan berotot.

Semoga saja Datsun tidak banyak melakukan perubahan radikal ketika mobil itu masuk lini produksi demi memenuhi skala ekonominya.

Perubahan minor

Mungkin kita tidak usah berharap hadirnya lampu utama berteknologi LED, termasuk pada lampu kombinasi belakang.

Jangan pula berharap kehadiran rumah kaca spion superramping, atau roof rack bergaya futuristis karena tampaknya itu semua hanya ada pada versi konsep.

Menyimak gambar-gambar yang banyak beredar di dunia maya, bagian interior Go Cross tampak sudah fix.

Kalaupun ada, mungkin hanya terjadi perubahan minor.

Bagian instrumen panel dilengkapi indikator jarum tunggal yang menunjukkan kecepatan (spidometer) dikombinasi layar LCD monokrom mungil di bagian kanan bawah untuk menunjukkan informasi utama lainnya.

Di bagian tengah dasbor terdapat head unit unik tanpa layar.

Di bagian panelnya hanya terdapat tombol on/off, tombol volume model putar, sepasang tombol pengaturan nada (bass/treble), lubang koneksi USB dan aux jack 3,5 mm.

Dengan adanya smartphone holder pada bagian kiri head unit, fungsi lain dari head unit diperkirakan dapat diintegrasikan pada layar ponsel pintar.

Di bagian bawah head unit terdapat tiga tombol utama pengaturan A/C model putar.

Menurut Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito, model itu akan melengkapi line up Datsun Go yang sudah ada di Indonesia, mulai Datsun Go Hatchback, Datsun Go Plus Panca MPV, dan Datsun Go Cross di segmen minicrossover.

"Datsun Cross akan mengawali perjalanan baru dari segmen baru Datsun di Indonesia," ungkap Eiichi Koito dalam siaran resminya.

"Mobil ini ialah wujud semangat baru brand value Datsun yang 'unstoppable', dan juga komitmen Datsun kepada pelanggan di Indonesia."

"Datsun Cross merupakan generasi baru compact crossover. Dengan desainnya yang stylish dan fitur-fitur canggih, Datsun Cross akan menjadi partner yang sesuai untuk gaya hidup pelanggan baru kami," tukas Koito. (S-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More