Lelang Gula Kristal Rafinasi masih Menunggu Perpres

Penulis: (Jes/E-3) Pada: Kamis, 04 Jan 2018, 01:31 WIB Ekonomi
Lelang Gula Kristal Rafinasi masih Menunggu Perpres

MI/SUSANTO

PEMERINTAH menyatakan sudah siap menyelenggarakan lelang gula kristal rafinasi (GKR) secara daring yang akan dimulai pada 15 Januari 2018. Namun, untuk pelaksanaan lelang itu, masih menunggu peraturan presiden (pepres) tentang lelang GKR sebagai payung hukum. “Persiapan kita sudah banyak, tinggal menunggu Pepres Lelang GKR keluar. Prosesnya sudah tahap akhir,” kata Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Bachrul Chairi kepada Media Indonesia, Rabu (3/1). Dia menyatakan jumlah peserta yang mendaftar ikut lelang mencapai 1.669 peserta. Rinciannya, industri besar dan industri kecil dan menengah (IKM) sebanyak 306 peserta, 52 koperasi, 1.227 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan UMKM yang mendaftar sendiri sebanyak 84 peserta. Adapun, jumlah penjual dalam lelang sebanyak 11 peserta.

“Itu sudah hampir dari semua provinsi. Kami sudah sosialisasi ke semua provinsi, tapi kalau ada UMKM tambahan yang mau daftar, bisa langsung ke PT PKJ (Pasar Komoditas Jakarta),” katanya. Adapun dalam rencana kebijakan ini, gula yang akan dilelang melalui PT Pasar Komoditas Jakarta (PKJ) dipatok 20% untuk IKM, UMKM, dan koperasi. Nantinya, setiap sesi I perdagangan lelang harian GKR, akan ditujukan bagi kelompok tersebut.

“Baru kemudian sesi II perdagangan akan dibuka untuk seluruh peserta, termasuk industri besar,” kata Bachrul. Bachrul pun menegaskan kebijakan lelang GKR untuk meminimalisasi rembesan gula kebutuhan industri ke pasar rakyat. Tiap tahun, Kementerian Perdagangan mencatat ada 300 ribu ton GKR yang merembes ke pasar. Karena itu, gula rafinasi yang akan dilelang diberikan kode QR (QR code) untuk memantau peredarannya.

VP Communication PT PKJ Michael RC Manuhutu menyampaikan transaksi selama uji coba lelang GKR sejak September 2017 mencapai 1.920 ton dengan frekuensi lebih dari 150 kali. Peserta yang ikut uji coba merupakan IKM, koperasi, dan UMKM.
“Harga yang terbentuk di dalam pasar lelang online selama masa soft launching ini relatif stabil, yakni secara rata-rata Rp9.050 (per kilogram) sudah termasuk PPN, atau Rp8.145 jika tidak dihitung PPN,” ujarnya. (Jes/E-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More