Melancong Sepekan

Penulis: Administrator Pada: Minggu, 31 Des 2017, 18:30 WIB Travelista
Melancong Sepekan

MI/ARIES MUNANDAR

Panorama alam nan asri semakin menggenapi keunikan dan daya tarik Betung Kerihun, kawasan taman nasional di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Selain hamparan hutan dan sungai beserta riam, taman nasional itu juga memiliki kawasan air terjun. Kami pun berkesempatan mengunjungi dua air terjun di sana, yakni Air Terjun Pari dan Hulu Rongun.

Air Terjun Hulu Rongun berada di pinggiran Sungai Rongun. Jarak tempuhnya sekitar 15 menit dari Mentibat. Air terjun itu memiliki kolam penampung alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pemandian. Air Terjun Pari berjarak tempuh sekitar 10 menit dari Hulu Rongun. Air terjun di pinggiran Sungai Pari itu bertingkat tiga.

"Kawasan ini masih berada di zona pemanfaatan. Untuk ke zona inti, masih harus menyusuri sungai selama tiga hari dan berjalan kaki sekitar satu hari," kata staf Balai Besar TNBKDS Mustarrudin, yang memimpin rombongan perjalanan kami.

Betung Kerihun menjadi satu di antara destinasi ekowisata andalan di Kapuas Hulu, selain sebagai lokasi riset. Sarana dan prasarana beserta paket perjalanan pun ditawarkan pihak pengelola untuk para pelancong. Biayanya sekitar Rp5 juta untuk dua orang selama 5-6 hari perjalanan. Anda berminat? (AR/M-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More