Seni Tradisi di Tengah Gempita Pesta

Penulis: Administrator Pada: Minggu, 31 Des 2017, 14:20 WIB Jeda
Seni Tradisi di Tengah Gempita Pesta

DOK. WAYANG ORANG BHARATAI

MALAM ini di panggung-panggung perayaan tahun baru di Ibu Kota, kesenian tradisional tidak tertinggal. Seperti yang direncanakan di empat panggung yang digelar Pemprov DKI, yakni di Bundaran Hotel Indonesia, di Jalan Thamrin 10, Jalan Kebon Sirih, dan di Jalan Wahid Hasyim, kesenian lenong, tanjidor, dan gambang keromong mendapat tempat.

Seni tradisional itu bersanding dengan hiburan masa kini, seperti band pop, jaz, dan dangdut. Sementara itu, di Yogyakarta, penampilan wayang kulit rutin digelar DPRD DIY. Pada malam tahun baru ini, menurut rencana, Ki Seno Nugroho yang didapuk tampil dan penampilannya juga bisa disaksikan lewat live streaming di kanal televisi Jogja Istimewa dan lewat channel PWKS (Penggemar Wayang Ki Seno) di Youtube.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan menampilkan wayang merupakan cara untuk menghidupi seni tradisional itu. "Tidak hanya nguri-uri (melestarikan), tapi juga ngurip-uripi (menghidup-hidupi) dengan nanggap wayang atau kesenian lainnya," kata dia kepada Media Indonesia, kemarin.

Tidak jauh berbeda, Kepala Bidang Nilai Sejarah dan Budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Suprihatin mengatakan penampilan seni tradisional merupakan bentuk pemberdayaan. Di sisi lain, penampilan mereka sekaligus menjadi bentuk promosi pariwisata DKI Jakarta.

Namun, kemeriahan di panggung pemprov itu nyatanya belum cukup menggembirakan komunitas seni tradisional. Beberapa komunitas mengaku minat masyarakat umum terhadap seni mereka terus merosot. Hal itu terutama dirasakan kelompok musik tradisional, sedangkan kesenian lenong mengaku masih merasakan orderan yang mengalir.

Demi bertahan, beberapa kelompok musik tanjidor bersedia tampil meski dibayar sangat murah. (TB/AT/Zuq/M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More