Yoga di Atas Paddleboard

Penulis: Fario Untung Tanu fario@mediaindonesia.com Pada: Minggu, 31 Des 2017, 10:00 WIB Gaya Urban
Yoga di Atas Paddleboard

DOK. SUP YOGA BALI

PUKUL 08.00 di Pantai Sanur, Bali, matahari sudah bersinar terik. Namun, hal itu tidak menghalangi sekelompok orang untuk berolahraga. Sekilas olahraga yang hendak mereka lakukan mirip olahraga yang belakangan ini kerap dilakukan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti, yakni paddleboarding. Bedanya, mereka bukan mendayung di atas papan, melainkan melakukan gerakan-gerakan yoga. Bukan saja gerakan sederhana seperti gerakan ardha-chandrasana yang dilakukan dengan berdiri dan menekuk pinggang ke samping, atau gerakan garurasana yang dilakukan dengan berdiri dan menekuk lukuk, melainkan gerakan-gerakan sulit seperti berdiri dengan tangan. Meski paddleboard mereka berada di perairan dangkal, tetap saja keseimbangan dan keberanian mereka mengundang kagum.

Nita Tri Urbanianti yang menjadi instruktur mengungkapkan jika olahraga tersebut memang penggabungan dari paddleboarding dan yoga, atau disebut Stand Up Paddleboar (SUP) Yoga. Kelas di Sanur tersebut setidaknya telah dibuka sejak 2014. “Memang dilakukannya cukup dengan kehati-hatian, karena kalau hilang konsentrasi dan salah melakukan gerakan, pasti participant akan terjatuh ke air,” tutur Nita kepada Media Indonesia, Senin (25/12). Nita yang memiliki peserta dari berbagai negara menjelaskan jika gerakan-gerakan pada olahraga ini memang serupa dengan yoga pada umumnya. Namun, tingkat kesulitan bertambah karena adanya tantangan lebih dalam menjaga keseimbangan.

Lebih lanjut, ia mengatakan beberapa gerakan lain yang dipraktikan comfort sitting position, downward facing dog, low lunge, crow pose, tadasana, chair pose, hingga low bridge pose. Saat melakukan gerakan-gerakan itu tidak jarang peserta sulit menjaga keseimbangan hingga tercebur. Di sisi lain, tantangan itu justru menambah keseruan kelas tersebut. “Serunya itu memang saat menjaga keseimbangan. Karena kalau salah pasti akan jatuh ke air dan yang lain harus tetap menjaga konsentrasi,” ungkap perempuan 34 tahun itu.

Lebih Menantang
Meski sudah cukup lama menggeluti olahraga yoga, Sari merasa cukup tertantang untuk mencoba paddleboard yoga ini. Ketika pertama kali mencoba, dirinya justru kembali seperti pemula yang sedang beryoga. “Sekalipun saya sudah bertahun-tahun belajar yoga, tapi setelah mencoba paddleboard yoga, saya merasa beginner dan seperti baru belajar yoga lagi. Karena yang biasa yoga dengan alas keras, sekarang beralaskan air,” tutur Sari. Sebab itu, perempuan bernama lengkap Desak Made Sartikasari merasa sangat tertantang untuk mencoba kelas yoga yang lebih menantang ini. Selain menantang, banyak juga manfaat yang didapat, baik itu fisik maupun nonfisik.

Secara fisik, Sari merasa postur tubuhnya menjadi lebih baik. Olahraga tersebut juga dirasakan membakar kalori, mengencangkan otot tubuh serta meningkatkan stamina. “Namun, kita juga bisa menjadi lebih fokus karena harus menyeimbangkan tubuh di atas papan seluncur yang kadang bergerak ketika ada ombak. Jadi benar-benar harus fokus pada pernafasan dan menjaga keseimbangan seluruh badan,” kata Sari. Secara nonfisik, SUP Yoga bisa melatih kesabaran serta keseimbangan antara badan dan pikiran. “Kita disini juga dilatih kesabaran untuk menjaga keseimbangan tubuh, terutama bagian core. Selain itu juga harus sabar ketika gagal melakukan gerakan dan harus tercebur ke air,” canda Sari. (M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More