Soto Ayam Lombok Tetap Sedap di Generasi Keempat

Penulis: TB/M-1) Pada: Minggu, 31 Des 2017, 00:30 WIB Kuliner
Soto Ayam Lombok Tetap Sedap di Generasi Keempat

MI/M TAUFAN SP BUSTAN

SOTO, salah satu tradisi kuliner Nusantara paling beragam, kaya cerita dan kontribusi pangan lokal serta tentunya selalu jadi favorit! Hampir semua daerah di Indonesia memiliki hidangan berkuah ini, dengan versi masing-masing. Soto Ayam Lombok di Jalan Lombok, Klojeng, Malang, Jawa Timur, sepintas nyaris sama dengan wujud soto daerah lainnya. Kedai ini punya kisah panjang dan disepakati warga lokal sebagai kios soto tertua. Juaranya, ayam kampung sebagai peran utama, yang diolah dalam kuah dengan kandungan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, dan merica.

“Semua bumbu disangrai terlebih dulu, kemudian dihaluskan. Lalu ada bumbu lagi yang dimemarkan, yaitu lengkuas, jahe, daun jeruk, dan serai,” terang sang juru racik Sulkan kepada Media Indonesia, Rabu (20/12). Kondimennya, telur masak yang telahdihancurkan, kentang goreng, kelapa sangrai yang telah ditumbuk halus, taoge, bawang merah dan putih goreng, serta irisan daun bawang. Sulkan berkisah kedai soto ini sekarang dikelola generasi keempat, cucu Bapak Zainal Arifi n, sang pemilik utama. Selain di Jalan Lombok, soto ayam ini punya tiga cabang di Malang dan satu di Surabaya.

Nasi, lontong, atau ketupat
Buat menyantapnya, ada pilihan nasi putih, lontong, serta ketupat. Untuk menghadirkan sensasi lainnya, bisa ditambahkan sambal, kecap, dan tetesan jeruk nipis. Jangan lupakan pula mengaduk taburan koya yang ditambahkan terakhir. Efeknya, kuah terlihat lebih keruh dan kental! “Kebanyakan pengunjung memilih menyantap soto ini dengan nasi,” jelas Sulkan. Potongan ayam yang bisa dipilih, daging,kulit, jerohan, ceker, usus hingga kombinasi dari keempatnya.

Kini 24 jam
“Sejak Desember ini seluruh warungsoto ayam lombok Malang buka 24 jam, olehnya bagi siapa saja yang ingin mencicipinya bebas mengunjungi empat warung yang terbuka di Malang. “Pengunjung sekarang bebas ingin menyantap soto ini di jam berapa pun, stoknya banyak, jadi jangan takut enggakkebagian,” imbuhnya. Ivan, pengelola Soto Ayam Lombok, menyebutkan rata-rata per hari 100-an lebih mangkuk soto tandas. “Karena baru buka 24 jam jadi belum tahu jumlah yang laku sekarang, mungkin di atas itu, liburan jadi masa penjualan terbanyak,”kata Ivan. Seporsi Soto Ayam Lombok dihargai Rp25 ribu, sudah termasuk nasi, lontong, atau ketupat. (TB/M-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More