Menu Khas Natal ala Raffl es dan Fairmont

Penulis: RIZKY NOOR ALAM rizkynoor@mediaindonesia.com Pada: Minggu, 24 Des 2017, 00:01 WIB Kuliner
Menu Khas Natal ala Raffl es dan Fairmont

MI/RAMDANI

Kalkun Panggang dan Hati Angsa

MENYAMBUT Hari Raya Natal, banyak hotel bersolek mempercantik diri dengan beragam ornamen Natal. Sajian menu makanan pun khas hidangan Natal. Seperti itulah yang ditampilkan Hotel Raffl es Jakarta dan Hotel Fairmont Jakarta yang tergabung dalam grup Accor Hotels. Di Hotel Raffl es tersaji menu Twelve Days Before Christmas, yang terdiri dari makanan pembuka (appetizer) Seared Escalope of Foie Gras and Chicken Liver Parfait. Makanan tersebut dimasak dengan onion marmalade yang sudah dikaramel, crusted olive crostini dan starter, yakni pasta gnocchi yang dimasak dengan krim parmesan dan white truffl e oil.

Makanan pembuka itu terbuat dari hati angsa, teksturnya sangat lembut dengan cita rasa khas dan sedikit manis. Tekstur pasta gnocchi kenyal dengan rasa gurih dan creamy ditambah aromanya yang khas akan menggugah selera makan Anda. Masuk ke hidangan utama (main course), Anda akan disajikan dengan Sous Vide Turkey Breast Ballantine. Daging bagian dada kalkun dimasak dengan metode sous vide, kemudian disajikan bersama chesnut, brussel sprout leaves, baby carrot, dan spun potato. “Dengan metode sous vide akan mendapatkan tekstur daging yang moist dan juicy.

Kami memasaknya selama 90 menit dengan suhu 62 derajat celsius. Untuk saus klasiknya, yaitu cranberreis sauce,” jelas Executive Chef Hotel Raffl es Jakarta, Matias Ayala, Selasa (19/12). Selain bertekstur lembut dengan cita rasa kalkun yang gurih, cranberries sauce-nya memberikan sensasi rasa asam dan sedikit manis, tetapi segar di lidah.

Penutup khas Natal
Hidangan penutup adalah Eggnog Mousse, yang merupakan hidangan khas Natal. Rasanya manis, kaya akan rasa rempah. Terbuat dari kuning telur yang dikocok ditambah air dan gula atau susu. Sebagai aroma vanili, pala, dan kayu manis sangat kental terasa. Untuk topping-nya sendiri ditaburi caramel hazelnuts. Selain set menu tersebut, Hotel Raffl es Jakarta menyediakan menu buffet dan yang patut Anda coba, yakni Turkey Trolley. Kalkun panggang utuh tersebut disajikan di atas troli dan berkeliling ke setiap meja tamu. Kalkun tersebut dilengkapi berbagai pilihan pendamping, seperti wortel, baby potato, sosis, chesnut, brussel sprout leaves, serta cranberries sauce.

Tekstur daging panggangnya juga lembut dan gurih karena bumbunya menyerap sempurna ditambah lagi bagian luar yang renyah semakin menambah cita rasa. Sayuran-sayuran pelengkapnya sendiri crunchy saat dinikmati. Set menu Twelve Days Before Christmas itu dibanderol seharga Rp450 ribu++. Untuk buufet Christmas Eve Dinner and Lunch yang mana Anda juga dapat menikmati Turkey Trolley, dapat Anda nikmati dengan harga Rp688 ribu++. (Riz/X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More