Terbaik karena Unik dan Berguna

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Sabtu, 23 Des 2017, 07:31 WIB Teknopolis
Terbaik karena Unik dan Berguna

DOK. APP STORE

MEMASUKI penghujung tahun, Media Indonesia merangkum beragam aplikasi terfavorit di 2017 dari dua platform penyedia layanan aplikasi gratis maupun berbayar, yaitu Google Play Store dan Apple App Store. Tahun ini Google mengategorikan empat, yakni best apps, best games, best movies, dan best books. Aplikasi Terbaik 2017 diraih Picsart Animator: GIF & Video. Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 1 juta kali itu merupakan aplikasi penyunting foto yang kaya akan beragam efek filter dan stiker kamera. Hal itu memudahkan pengunduhnya memoles hasil foto sedemikian rupa sesuai dengan selera.

Menurut Google, alasan memilih Picsart Animator: GIF & Video ialah mereka dinilai berkonsep unik, dirancang indah, dan sangat berguna. Gim Terbaik 2017 versi Play Store diberikan pada CATS: Crash Arena Turbo Stars besutan Zaptolab Action. Permainan yang sudah diunduh 10 juta kali itu menyuguhkan arena duel penuh dengan pacuan adrenalin dan kekacauan. Pemain dapat mendesain, membangun, dan menggunakan berbagai kendaraan unik untuk bertempur melawan para kucing. Alasan Google memberikan predikat gim terbaik ialah permainan tersebut menyuguhkan grafik menawan sehingga tampilannya memberi kesan tersendiri bagi para pemainnya.

Pengguna Picsart, Dita, 17, misalnya, mengatakan aplikasi penyunting foto tersebut wajib ada empat tahun lalu sejak dirinya pertama kali memakai ponsel pintar. "Awalnya tahu dari teman, mereka suka edit foto. Aplikasinya seru sih banyak pilihan filternya, pokoknya tinggal kita pintar-pintar mengedit saja," ungkap Dita, Selasa (19/12). Di ponsel pintarnya, ia mengaku ada beberapa aplikasi penyunting foto lain, tetapi Picsart paling familier dan mudah digunakan.

Mengasah strategi
Salah satu pengguna gim CATS, Cahya, 26, mengapresiasi permainan favoritnya tersebut yang mendapatkan predikat best games di tahun ini. Baginya, permainan tersebut mengasah strategi pemainnya untuk memenangi sebuah pertarungan dengan menggunakan kendaraan bersenjata. "Dari sisi grafik lumayan bagus, karakternya juga lucu karena pakai kucing jadi enggak terlalu serius. Overall fun sih dan mengasah strategi kita juga biar menang bagaimana," ungkap Cahya, Rabu (20/12). Sementara itu, Apple melalui App Store mengategorikan Best of 2017 menjadi empat kategori juga, yaitu apps of the year, games of the year, trends of the year, dan developers of the year.

Apps of the year dari App Store tahun ini jatuh kepada Affinity Photo buatan Serif Labs. Aplikasi berukuran 994 MB tersebut ialah penyunting foto favorit para pengguna Ipad. Untuk games of the year, Apple memilih Art of War: Red Tides sebagai permainan terbaik di App Store.
Permainan yang dikembangkan Hero Entertainment Co Ltd berukuran 1,2 GB itu menyuguhkan fantasi pertarungan dengan sosok-sosok unik serta grafik yang baik. (X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More