Mowgli Hidup Nyata di Negeri Hindustan

Penulis: (AFP/Haufan Hasyim Salengke/I-2) Pada: Sabtu, 23 Des 2017, 00:50 WIB Features
Mowgli Hidup Nyata di Negeri Hindustan

AFP PHOTO / Manjunath KIRAN

SAAT kanak-kanak, kebanyakan dari kita pernah menonton serial kartun The Jungle Book di televisi, yang bercerita tentang Mowgli, seorang anak laki-laki yang tumbuh di hutan, dibesarkan binatang liar. Bagaimana jika hal serupa terjadi di dunia nyata? Reaksi awal kita ialah tidak mungkin! Namun, ternyata itu sudah terjadi, di India! Di Distrik Dharwad, Negara Bagian Karnataka, India, anak balita laki-laki berusia 2 tahun bernama Samarth Bangari menjadi Mowgli zaman modern. Ia berteman dengan sekelompok langur atau colobinae, jenis monyet dari keluarga monyet Dunia Lama (cercopitheceae).

Persahabatan Bangari yang tidak biasa terungkap saat anak balita itu terlihat sendirian di desanya di selatan India bermain dengan hampir dua lusin langur abu-abu. Sang paman, Barama Reddy, mengatakan 'aneh' bagi monyet untuk berperilaku seperti itu dan penduduk desa takut anak laki-laki itu akan diserang, sedangkan orangtuanya bekerja di ladang terdekat. Namun, belakangan semuanya terungkap jelas bahwa hewan-hewan itu lebih nyaman berada di hadapan Bangari, karena anak kecil itu senang membagi sebagian makanannya dengan kawanan monyet yang mengunjunginya itu.

Monyet-monyet itu terus kembali, hari demi hari, untuk mengunjungi teman muda mereka di Allapur, kira-kira 400 kilometer dari Kota Bangalore, kata pamannya. "Sejak hari itu, monyet-monyet tersebut tidak melewatkan satu hari pun. Mereka datang ke sekitar rumah di waktu yang sama," kata Reddy. "Bahkan, jika dia tidur, monyet-monyet itu yang pertama kali membangunkannya dan kemudian duduk bersamanya selama 1atau 2 jam," kisahnya. Hubungan yang tidak biasa itu menggelitik minat warga lokal dan segera orang-orang mulai mengunjungi rumah tersebut untuk melihat sekilas Bangari yang berkeliaran di sekitar peternakan dengan 20 langur di belakangnya.

Sempat berpikir monyet-monyet itu menikmati momen dengan anak-anak, Reddy melihat keanehan. Maklum, saat anak-anak lain duduk di samping Bangari, langur-langur itu menjadi agresif. Dia mengatakan Bangari sekarang ialah legenda lokal karena 'ikatan istimewanya' dengan monyet-monyet itu, yang berusaha meniru suara binatang itu meskipun dia belum bisa berbicara. "Semua orang berpikir dia istimewa, saling berkomunikasi satu sama lain, dan bisa mengerti apa yang sedang diomongkan," kata Reddy. Mowgli ialah tokoh dalam The Jungle Book, cerita karya Rudyard Kipling tentang seorang anak laki-laki yang tumbuh di alam liar di India.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More