Sleman Gelar Lereng Merapi Menyanyi dan Menari

Penulis: Administrator Pada: Selasa, 19 Des 2017, 21:35 WIB Travelista
Sleman Gelar Lereng Merapi Menyanyi dan Menari

MI/Widjajadi

ERA Menteri Pariwisata Arief Yahya identik dengan angka-angka. Semakin detail dengan target dan capaian, untuk merumuskan program dan kinerja.

Selalu berpikir, berangkat, dan berawal dari akhir, yakni target. "Berapa target, baru membuat program apa untuk mencapai target!” tegas Menteri Arief Yahya.

Semua deputi di Kemenpar selama tiga tahun ini dibudayakan dengan cara berpikir korporasi seperti itu. Cara berpikir seperti ini jauh mempengaruhi budaya kerja, karena berorientasi kepada hasil, target kunjungan. Bukan hanya proses yang benar, tapi juga hasil sebagai gol akhir.

Banyak daerah sudah menggunakan pendekatan yang sama. Melakukan benchmark, menggunakan standar dunia, dan menyentuh dengan digital.

Salah satu daerah yang mengikuti pola kerja Kemenpar ini ialah Sleman Jogja. Mereka mulai menajamkan angka-angka dalam membangun dan menentukan arah kabijakan pariwisata. Jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Sleman menunjukkan tren kenaikan yang menggembirakan. Tercatat sampai dengan 30 November 2017 telah mencapai 6.787.241 kunjungan.

Bila dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada periode yang sama pada 2016, terdapat kenaikan sebesar 34,58%.

"Kenaikan terbesar pada jumlah kunjungan wisatawan ada pada event yang diselenggarakan di Kabupaten Sleman (47,52%). Diikuti kunjungan wisatawan di Desa Wisata (42,41%), kunjungan wisatawan di candi (35,44%), dan kunjungan wisatawan di destinasi wisata alam (33,06%)," urai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Hj Sudarningsih dalam siaran persnya, Selasa (19/12).

Mengacu pada data tersebut, Sudarningsih yakin jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Sleman sampai akhir 2017 akan mencapai kisaran 7 juta-7.250.000 kunjungan wisatawan. Keyakinan ini didukung dengan adanya beberapa event pendukung yang akan dilaksanakan baik oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman maupun oleh destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman.

Terkait hal tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan menggelar Festival Merapi 2017 dengan mengambil tema 'Lereng Merapi Menyanyi dan Menari.'

Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang kreativitas tampilan keberagaman seni, budaya dan pariwisata yang dikemas dalam suatu atraksi pariwisata, yang diharapkan dapat mempromosikan destinasi pariwisata di Kabupaten Sleman, utamanya di Kaliurang. (OL-4)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More